• Senin, 22 Oktober 2018
  • LOGIN
Mawar Kapas Santuni Warga Paliyan Terdampak Cempaka

Mawar Kapas Santuni Warga Paliyan Terdampak Cempaka

Infogunungkidul, PALIYAN, Selasa Pahing,-Meski bencana banjir sudah berlalu, hal ini tak menyurutkan minat Mawar Kapas (Manunggaling Kawula Kecamatan Paliyan Sejahtera), untuk terus mengirimkan bantuan kepada warga kurang mampu. Hari ini, Rabu (02/01), Mawar Kapas memberikan sumbangan kepada warga di 5 desa.

 

Dibawah komando Gampang Harjono, perantau asal Kecamatan Paliyan yang tinggal di Jakarta menggalang dana, dan disalurkan ke kampung halaman. 

 

Hadir dalam acara penyerahan bantuan, Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi, Camat Paliyan, Marwata Hadi, Anggota Komisi A DPRD Gunungkidul Sarmidi SE, serta segenap kepala desa se Kecamatan Paliyan.

 

Mawar Kapas khusus untuk perantau asal Paliyan, dibawah Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG), yang sebagian besar tinggal di Jakarta. Saat banjir kemarin ada 5 desa yang terdampak yakni Grogol, Pampang, Giring, Karang Duwet, dan Sodo.

 

"Maka kita alokasikan bantuan untuk kelima desa tersebut,” jelas Koewadi Aniyanto, Wakil Ketua Mawar Mekar di Balai Desa Giring.

 

Lebih lanjut Koewadi menjelaskan, Mawar Mekar telah terbentuk sejak 2008. Secara rutin para anggota melaksanakan bermacam kegiatan untuk membantu sanak saudara di kampung halaman untuk tercapainya kesejahteraan seluruh warga Kecamatan Paliyan. Meski begitu, dari 7 desa yang ada di Paliyan, tercatat ada 2 desa yang kurang aktif kepesertaannya di Mawar Mekar yakni Giring dan Sodo.

 

“Harapan kami Pak Kades bisa membantu mengarahkan warga perantauan untuk terlibat aktif di Mawar Mekar. Tujuannya agar komunikasi dan silaturahmi kian terjalin, sehingga jika ada warga perantauan menghadapi permasalahan apapun bisa saling membantu,” tambahnya.

 

Untuk tahap perbaikan pasca bencana, Mawar Mekar mengumpulkan donasi hingga puluhan juta rupiah dan diwujudkan dalam bentuk uang tunai bagi 5 desa yang terkena dampak banjir. Desa Grogol mendapatkan bantuan terbanyak lantaran mengalami dampak terparah disusul Pampang, Grogol, Karangduwet dan Sodo.

 

Sementara itu Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengapresiasi kepedulian Mawar Kapas kepada warga di kampung yang tertimpa musibah.

 

“IKG melalui Mawar Mekar saya apresiasi karena tingginya kepedulian dan kasih sayang mereka terhadap sanak saudara di desa tidak luntur meski terbentang jarak yang jauh,” ujarnya.

 

Nilai bantuan yang diberikan, bagi Immawan menjadi tidak penting. Sebab ada yang lebih penting dari sekedar nominal rupiah. Dimata Wakil Bupati, jiwa sosial yang tinggi dan selalu tertanam dalam jiwa para perantau yang tergabung dalam IKG melalui Korcam Kecamatan Paliyan yang diberi nama Mawar Kapas, dapat menjadi contoh para perantau dari kecamatan lainnya.

 

Gaib Wisnu Prasetya_ig


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE