• Senin, 24 September 2018
  • LOGIN
Politisi: Mudah Berseteru, Gampang Bersatu

Politisi: Mudah Berseteru, Gampang Bersatu

Infogunungkidul, WONOSARI, Rabu Pon,-Tahun politik, Wakil Presiden Jusuf Kalla yakin, stabilitas nasional tetap terjaga. Dia mengatakan tahun politik panas hanya dalam pembicaraan. Menurutnya, kemungkinan gesekan antar parpol adalah perkiraan yang dibesar-besarkan. Wapres tak menyebut gesekan antar pendukung yang terjadi pada level akar rumput yang bertebaran di media sosial.


“Hangat di pembicaraan tapi tidak hangat di lapangan," kata Wapres, seperti dikutip antaranews.

 

Menurut JK, memanasnya pembicaraan politik salah satu pendorongnya adalah pemberitaan media.

 

Wakil Presiden menambahkan, dalam sejarah pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah, selalu berlangsung dengan aman dan stabil.


Pemilu di Indonesia, menurut dia, lebih baik bila dibandingkan dengan Malaysia, Thailand maupun Filipina. Alasannya, partai-partai politik di Indonesia lentur dalam berkoalisi sehingga tidak menimbulkan sentimen politik besar.

 

Hari ini, terang JK, Golkar dengan PDI berkoalisi mendukung A.  Di tempat lain, Golkar dengan Gerindra mendukung B.

 

Jadi tidak ada pola yang sama, akhirnya tidak ada sentimen politik yang besar," tandasnya.

 

Partai politik di Indonesia menurut JK memiliki karakter khas. Dia menyebut, partai politik yang berbeda dukungan dalam pemilu dapat kembali bersama seusai pemilu maupun pilkada. 

 

Pada tingkat elit,  partai politik memang mudah berseteru karena berbeda pilihan, tetapi juga gampang bersatu karena kepentingan elit politik senantiasa diakomodir oleh penguasa.

 

Yang tidak pernah bisa dijembatani oleh penguasa adalah para pendukung di level akar rumput. Menyebut contoh kecil, sentimen Jokowi-Prabowo masih menjamur di media sosial, padahal pilpres 2014 telah berlalu.

 

Redaksi


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE