• Jumat, 19 Oktober 2018
  • LOGIN
Petani Nglipar Pahlawan Swasembada Pangan Indonesia

Petani Nglipar Pahlawan Swasembada Pangan Indonesia

Infogunungkidul, NGLIPAR, Jumat Kliwon- Kepala Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP), DIY, dr. Joko Pramono, mengapresiasi kerja keras para petani, sebagai pahlawan swasembada pangan Indonesia. Di sampaikan Joko, saat kunjungan menghadiri panen raya kedelai dan jagung di Nglorok, Desa Kedungpoh, dan Prebutan, Desa Katongan, Kecamatan Nglipar, Jumat, (05/01).

 

Dikatakan Joko, panen raya ini sudah ada peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hasil panen kedelai di Dusun Nglorok, satu hektar mencapai rata-rata 1,7 ton sedangkan area yang ditanami kelompok tani ada 10 hektar.
 
 
"Jadi dalam satu kali panen bisa mencapai 17 ton," ujarnya.
 
 
Sedangkan panen raya jagung di Padukuhan Prebutan, satu hektar menghasilkan rata-rata 8,9 ton. Sehingga untuk 10 hektar yang ditanami jagung oleh kelompok petani bisa mencapai hasil 89 ton sekali panen.
 
 
"Ini sangat luar biasa dan perlu dipertahankan kalau bisa ditingkatkan ditahun-tahun yang akan datang," pintanya.
 
 
Diharapkan para pahlawan swasembada pangan ini tetap tekun untuk menanam jagung, sebab kalau kontribusi Gunungkidul terhadap cadangan jagung nasional itu tinggi pasti dari Kementerian Pertanian akan memperhatikan.
 
 
Ia juga menerangkan bahwa bantuan dari Kementan ke wilayah Gunungkidul sudah cukup banyak jumlahnya.
 
 
"Seperti alat dan mesin pertanian (Alsintan), juga berupa benih dan bibit," jelasnya.
 
 
Itu akan terus diperbantukan untuk petani Gunungkidul, lanjutnya, kalau petani tetap semangat untuk mempertahankan hasil pertanianya, syukur bisa ditingkatkan hasil panenya.
 
 
Dengan pendampingan PPL, diharapkan petani mengerti cara bertani yang baik sesuai dengan anjuran tecnologinya sehingga produksinya akan semakin meningkat.
 
"Dengan hasil produksi petani meningkat, diharapkan kesejahteraan para petani juga meningkat," tambahnya.
 
 
Reporter: W. Joko Narendro_ig


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE