• Senin, 10 Desember 2018
  • LOGIN
Lomba Silat Koreo se-Jawa, Pertama kalinya Akan Diadakan di Gunungkidul

Lomba Silat Koreo se-Jawa, Pertama kalinya Akan Diadakan di Gunungkidul

Infogunungkidul, NGLIPAR, Minggu Pahing, -Event lomba silat koreo se-Jawa, untuk pertama kalinya akan diadakan di Gunungkidul. Kegiatan ini dipandegani rumah pintar, Padukuhan Kedungpoh Kidul, Desa Kedungpoh, Kecamatan Nglipar, dan didukung oleh perguruan silat Cakra Kembang, serta komunitas paseduluran angkringan silat Yogyakarta.

 
Pelaksanaannya, menurut Ketua Panitia, Rudy Handoko, SPd, akan diadakan di bulan April 2018, bertempat di rumah budaya, Dusun Kedungpoh Kidul. Dengan melibatkan peserta dari komunitas silat koreo se-Jawa.
 
"Peserta kita batasi maksimal 40-50 peserta, kalau tidak kita batasi, pesertanya pasti akan membludak," Ujarnya.
 
Lebih jauh ia mengatakan, pihaknya selain sudah mulai mempersiapkan lokasi, juga mempersiapkan penginapan semacam home stay, mengingat acara akan diadakan selama dua hari.
 
"Oleh karena itu kita perlu menyediakan penginapan peserta dari luar DIY, yang datang dari Jawa Tengah, Jawa Timur, atau Jawa Barat," tuturnya.
 
Dijelaskan oleh Rudy, pada awalnya memang hanya untuk tingkat DIY, dan Jawa Tengah, namun seiring perjalanan waktu dan dorongan komunitas silat yang lain, maka ditingkatkan menjadi se-Jawa. Selain event lomba silat koreo, juga akan lounching jemparingan yang akan dihadiri prajurit Keraton Yogyakarta Hadiningrat.
 
"Hadiah kita sediakan berupa Tropy, dan sejumlah uang pembinaan," imbuhnya.
 
Sementara itu, ditempat yang sama, Ketua Paseduluran Angkringan Silat Yogyakarta, Mas Suryo, panggilan akrabnya, mengapresiasi semangat warga untuk mengadakan event yang cukup besar ini.
 
 
Dikatakan Mas Suryo, event ini baru pertama kalinya akan dilaksanakan di Gunungkidul. Kalau ini terlaksana dengan baik dan lancar, maka nama Gunungkidul akan semakin populer.
 
 
Selain itu, silat merupakan warisan seni budaya asli dari Indonesia yang perlu kita lestarikan. Dengan event ini diutamakan paseduluran, bukan menambah permusuhan.
 
 
Tiga tim juri profesional akan didatangkan dari luar Gunungkidul, untuk menilai gerakan seni, pakaian, dan gamelan atau aransemen.
 
"Saya berharap dengan diadakannya event lomba nanti, selain mengangkat olahraga dan seni silat di Gunungkidul, juga bisa mengangkat nama Gunungkidul," pungkasnya
 
Reporter: W. Joko Narendro_ig
 


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE