• Jumat, 19 Oktober 2018
  • LOGIN
Rukamto Lengser, Kepala Desa Antar Waktu Dipilih

Rukamto Lengser, Kepala Desa Antar Waktu Dipilih

Infogunungkidul, SEMANU, Rabu Kliwon, -Rukamto, Kepala Desa Dadapayu sebelumnya, sudah diberhentikan sejak tanggal, 22, September, 2017, sesuai dengan pasal 47 UU No. 06/2014. Hari ini Rabu, (10/01) dilakukan pemilihan Kepala Desa (kades) antar waktu. 

 
Karena sisa masa jabatannya masih lebih dari satu tahun, diangkat pejabat kepala desa dari PNS, sampai ditetapkannya kepala desa terpilih melalui musyawarah desa.
 
 
Dikatakan ketua Panitia pemilihan, Rustanto, S.Ag bahwa, pemilihan kepala desa antar waktu mengacu kepada peraturan yang ada, yaitu Permendagri No 65/2017, tentang pemilihan kepala desa, pemilihan kepala desa antar waktu melalui musyawarah desa dilaksanakan paling lama, atau selambat-lambatnya 6 bulan setelah kepala desa diberhentikan.
 
 
Lebih lanjut Rustanto membeberkan, pemilihan pergantian antar waktu tersebut diikuti perwakilan dari masing-masing padukuhan dengan mempertimbangkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dengan perhitungan tiap 100 DPT diwakili oleh 1 orang pemilih. 
"Ditetapkan berdasarkan Musyawarah Desa Dadapayu," ujarnya.
Hal ini dibenarkan oleh Drs. Sudjoko, S.Sos, MSi, Kepala Badan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat, Dan Desa (DP3AKBPMD) Kabupaten Gunungkidul.
 
 
Peserta Musdes pergantian kepala desa antar waktu adalah unsur Perangkat Desa, BPD, dan utusan dari Padukuhan yang dipilih melalui musyawah dusun (Musdus).
 
"Sesuai dengan ketentuan perundangan," jelas Sudjoko,
 
Lebih jauh ia menjelaskan, dari hasil penjaringan yang tadinya tersaring 5 peserta, dengan berjalanya waktu 2 peserta mengudurkan diri, sehingga tinggal 3 peserta Bakal Calon Kepala Desa antar waktu.
 
Bakal calon Kepala Desa antar waktu tersebut diantaranya:
 
1. Nomor urut 1. Kasidi warga Maguwo, Rt 26 KD IV, Wonocatur, Banguntapan, Bantul.
2. Nomor urut 2. Sukito, warga Kauman, Dadapayu, Semanu.
3. Nomor urut 3. Jumadi, warga Nogosari, Dadapayu, Semanu.
"Ini merupakan pengalaman pertama kali di Gunungkidul," tambahnya.
Ia berharap dengan pemilihan ini nanti bisa membawa Desa Dadapayu lebih kondusif, aman, dan damai.
 
"Sehingga bisa membangun Desa Dadapayu lebih maju," pungkasnya.
 
Warga masyarakat yang ikut dalam pemilihan berjumlah 106 peserta sesuai dengan undangan, mewakili Padukuhan yang ada di Desa Dadapayu.
 
Reporter: W. Joko Narendro_ig.


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE