• Selasa, 17 Juli 2018
  • LOGIN
Balita Gagal Ginjal Hidup Di Rumah Reot

Balita Gagal Ginjal Hidup Di Rumah Reot

Infogunungkidul, GEDANGSARI, Sabtu Pon,  -Aldi Rahmadiyanto balita umur dua tahun gagal ginjal. Orang tuanya tergolong kurang mampu. Nyawa Aldi nyaris tak terselamatkan. Bayi yang lahir 22 Juli 2014 ini hidup di rumah reot ukuran 8 x 12 berlantai tanah, luput dari perhatian Pemerintah.

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Gedangsari, Darmawan Ansori, mengatakan, Aldi adalah anak kedua dari pasangan suami istri (pasutri) Sriyanto - Suyati warga RT 04 RW 09, Padukuhan Jambon, Hargomulyo, Gedangsari.

“Aldi bersama Suyati dan kakaknya hidup di rumah tinggal mirip kandang hewan. Ayah Aldi di Jakarta sebagai buruh,” ujarnya, (12/1).

Karena pertimbangan rumah tinggal, dalam kondisi lemah, Aldi diboyong ke Jakarta mengikuti sang ayah. Tiap bulan balik ke Jogja untuk berobat ke RS dr. Sardjito.  

“Tahu Aldi sakit, saya memeriksakan ke bidan Puskesmas 3 kali. Bidan menduga Aldi gagal ginjal” demikian Suyati menceriterakan riwayat pengobatan anaknya.

Dirujuklah, Aladi  ke RS Bagas Waras, Klaten. Di sini tidak diterima dengan alasan kelengkapan medis tidak memadai. Disarankan Aldi dibawa ke RS Tegalyoso di kabupaten yang sama.  

“Kami tidak ada biaya, Aldi kami bawa pulang. Badan anak saya mulai bengkak, kulit menghitam,” tutur Suyati terbata-bata.

Berkat upaya Dukuh Jambon dan TKSK Gedangsari, Aldi kemudian dirawat di RS dr. Sarjito, dan Bapeljamkesos DIY selaku lembaga penjamin.

Kondisi Aldi memang membaik, tetapi fisik melemah. Itulah sebabnya, Sriyanto, sang ayah memutuskan Aldi untuk dibawa ke Jakarta.

“Habis mau gimana, di Jambon anak saya pasti kurang terurus,” demikian Sriyanto beralasan.

Soal  rumah reot, berdasarkan wawasan Dukuh Jambon, Kades Ngalang, TKSK, dan Koramil Nglipar, akan dicarikan jalan keluar untuk perbaikannya.

Agung Sedayu_ig


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE