• Selasa, 17 Juli 2018
  • LOGIN
Stimulan Semen Desa Pulutan Pogram Yang Dipaksakan

Stimulan Semen Desa Pulutan Pogram Yang Dipaksakan

Infogunungkidul, WONOSARI, Rabu Pahing, -Keterlambatan pengerjaan stimulan 100 sak semen Pemerintah Desa (Pemdes) Pulutan untuk masing-masing padukuhan secara terbuka dikritisi Dukuh Walikan Suroto, di hadapan warga saat rembug pembangunan padukuhan 03/01 silam. Camat Wonosari Drs. Siswanto memparingatkan, Pemdes tidak boleh sembrono.

Dalam forum rembuk desa, terungkap, bahwa proposal  baru akan diajukan pihak padukuhan, sementara semen telah didrop (dikirim).

Secara gambalang Suroto memberikan penjelasan kepada warga, bahwa program stimulan semen merupakan program desa yang dipaksakan untuk padukuhan. Suroto tegas menyatakan, bila program semacam ini diulang, maka akan ditolak.

"Proposal baru saya tandatangani, kiriman semen telah datang," jelasnya.

Program pembangunan desa tidak mengampu rencana padukuhan menurutnya tidak lazim. Ini mencerminkan buruknya perencanaan Pemdes Pulutan.

Akibatnya, lanjut Dukuh Walikan, ketika warga mempertanyakan analisis perhitungan penggunaan 100 sak semem, dukuh menjadi kesulitan dalam menjawab.

Meskipun saat ini pelaksanaan pembangunan talud jalan Padukuhan Walikan telah selesai 100% namun kualitas bangunan patut dipertanyakan. Kedalaman galian maupun kualitas campuran patut diduga ada penyimpangan, karena tanpa analisis yang semestinya.

Sementara itu Camat Wonosari, Drs. Siswanto ketika dikonfirmasi mengenai molornya pengerjaan pembangunan stimulan semen di Padukuhan Walikan Desa Pulutan menjelaskan, tugas Pemdes ketika formatnya stimulan, Surat Pertanggungjawaban (SPJ) harus selesai bulan Desember tahun anggaran yang berjalan.

Soal pengerjaan, karena melibatkan masyarakat maka setelah material dikirim harus dipantau, agar tidak mangkrak, atau tidak difungsikan sebagaimana mestinya.

"Saya belum melihat. Coba nanti, hal seperti ini kita perlu turun memantau," ujarnya.

Siswanto menghimbau agar ke depan perencanaan lebih matang. Waktu droping material tidak boleh mepet sehingga pengerjaannya longgar.

Camat Wonosari juga menegaskan, bantuan stimulan itu anggaran negara. Pelaksanaannya tidak boleh main-main, tidak boleh sembrono.

Reporter: Agus SW_ig


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE