• Senin, 10 Desember 2018
  • LOGIN
Waspada! Kecanduan Gadget Orang Bisa Gila

Waspada! Kecanduan Gadget Orang Bisa Gila

Infogunungkidul, WONOSARI, Kamis Pon, Produk teknologi modern, sebut saja  gadget, membuat urusan manusia menjadi mudah. Banyak peringatan, bahwa gadget juga bisa bikin manusia menjadi susah. Contoh terhangat, dua orang pelajar  harus dirawat di rumah sakit jiwa karena kecanduan gadget.  

 

Gawai, bahasa Inggrisgadget, disarikan dari ensiklopedi bebas, adalah piranti atau instrumen yang diciptakan untuk memenuhi tujuan dan fungsi praktis. Piranti tersebut dirancang khusus, lebih canggih ketimbang teknologi sebelumnya.

 

Psikolog muda, Astrid Wen, ketika diwawancarai media televisi nasional (16/1) megatakan, gadget mendorong merebaknya penyakit baru.

 

“Narkolema adalah penyakit yang merusak daya pikir dan rasa manusia,” kata Astrid Wen.

 

Dia menjelaskan, narkolema adalah sejenis rasa ketagihan. Narkolema artinya kecanduan narkoba lewat mata. Astrid Wen beralasan, otak manusia setiap hari butuh makanan. Hal itu bisa dipenuhi lewat mata.

 

Seseorang, kata dia, ketika terlalu sering melihat video tak senonoh (porno), di otaknya muncul rasa ketergantungan. Begitu pula akibatnya manakala berjam-jam anak bermain game online.

 

Sejam, atau sehari tidak memegang gadget tingkah laku seseorang menjadi aneh. Pikiran gelisah, marah-marah tanpa sebab yang jelas.

 

“Resiko terparah, dipisahkan dari gadget, orang bisa gila,” imbuhnya.

 

Gejala kecanduan gadget dewasa ini merata, tidak hanya menyerang anak-anak. Orang dewasa pun juga demikian, berdasarkan analisis dan paparan Astrid Wen, fenomenanya cukup jelas.

 

Agung Sedayu_ig


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE