• Rabu, 19 September 2018
  • LOGIN
Jer Basuki Mowo IT, Sekolah Desa Didik Kaum Muda Melek Teknologi

Jer Basuki Mowo IT, Sekolah Desa Didik Kaum Muda Melek Teknologi

Infogunungkidul, WONOSARI, Minggu Legi-Era globalisasi ditandai dengan kemajuan teknologi di berbagai bidang, termasuk IT (Information Technology). Banyaknya dana yang dikelola desa, menuntut perangkat desa hingga pemuda melek IT. Untuk mewujudkannya Pemerintah Desa Gari Kecamatan Wonosari menggelar sekolah desa bagi kawula muda, Minggu (21/01).

“Kami selalu berharap peran aktif pemuda dalam membangun dan mengembangkan desa dari berbagai aspek. Sehingga dana desa yang besar dari pemerintah benar-benar bisa bermanfaat dan tepat sasaran,” kata Widodo, Kepala Desa Gari.

Lebih lanjut Widodo menjelaskan, peserta sekolah desa bukan hanya berasal dari Gari. Bahkan banyak yang datang dari Provinsi DIY dan Jawa Tengah. Sekolah desa yang dilakukan adalah pengembangan dari apa yang telah dilakukan Kementerian Dalam Negeri dan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).

Sementara itu diungkapkan Camat Wonosari, Drs Siswanto, sekolah desa bertujuan agar rakyat kian cerdas dan melek IT.

“Era zaman now ini kita tidak bisa lepas dari namanya IT, mau tidak mau sejak dari perencanaan awal sudah masuk ke dalam sistem aplikasi hingga bisa dipantau semua kalangan,” terangnya.

SID (Sistem Informasi Desa) tahun 2018, sambung Siswanto, mestinya sudah bisa berfungsi sekaligus update validasi data kemiskinan. Jadi SID bukan hanya sekedar untuk meng upload informasi pembangunan atau potensi yang ada.

“Sekolah desa sangat bermanfaat bagi desa masing-masing untuk mencermati perencanaan hingga segala dinamika desa. Potensi yang ada bisa dimanfaatkan menjadi sumber pendapatan desa,” tegasnya.

Siswanto mencontohkan, dahulu orang tidak kenal namanya Pantai Indrayanti. Maka berkat adanya IT, maka orang berbondong-bondong datang hanya untuk berwisata ke pantai yang sebenarnya bernama Pulang Sawal. Kemampuan pemilik restoran Indrayanti mempromosikan pantai itu membawa dampak positif bagi perkembangan wisata Gunungkidul. Untuk itu pihaknya berharap siswa sekolah desa mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh untuk kemajuan desa masing-masing, jer basuki mowo IT.

Gaib Wisnu Prasetya_ig


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE