• Minggu, 22 Juli 2018
  • LOGIN
Pentingnya Museum Demang Wono Pawiro

Pentingnya Museum Demang Wono Pawiro

Infogunungkidul, WONOSARI, Jum’at Wage Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berencana mendirikan taman budaya. Pengadaan tanah, tahun 2017 mulai direalisasikan. Muncul aspirasi baru tentang pentingnya musium yang menyimpan benda yang berhubungan dengan   sejarah berdirinya Bumi Handayani.

Meski belum ada penjelasan secara rinci, melalui Dinas Pariwisata, pemerintah mengalokasikan Dana Keistimewaan (Danais) 2017 guna merespon aspirasi publik terutama pelaku seni dan budaya.

Taman budaya belum berdiri, bahkan , termasuk lokasi juga masih rencana, menyusul aspirasi lain. Usulan tersebut tidak kalah urgen karena menyangkut sejarah berdirinya kabupaten Gunungkidul.

“Gunungkidul membutuhkan museum sejarah. Sebuah bangunan yang di dalamnya bisa untuk memajang temuan-temuan, artefak sebagai alat bukti bahwa tulisan atau cerita tentang asal-usul Gunungkidul tidak sekedar folklore atau dongeng. Beberapa temuan warga hingga kini masih disimpan di rumah masing-masing, karena belum ada greget membuat bangunan yang sebenarnya tidak perlu luas. Taruhlah seperti musium Pakualaman Jogja yang hanya menempati dua ruangan saja. Itu sudah memancing keingintahuan pelajar, pemerhati budaya, turis asing dan pelaku budaya untuk berkunjung. Nuwun,” tulis Muliantoro pembaca infogunungkidul.com. pada //infogunungkidul.com/dinas-kebudayaan-beli-tanah-calon-taman-budaya-dengan-danais/comment-page-1/#comment-1038.

Gagasan Muliantoro dinilai banyak pihak cukup masuk akal. Sangat istimewa, kalau dihubungkan dengan Ki Demang Wono Pawiro, yang banyak diceritakan sebagai tokoh yang diserahi proyek untuk membangun kota Wonosari di masa Perang Diponegoro.

Peninggalan Ki Demang pantas diidentivikasi, sekaligus perlu diselamatkan. Pemerintah Kabupaten Gunungkidul belum berfikir ke arah ini. Redaksi


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE