• Minggu, 19 November 2017
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM D919C28D/ DAEC06F2/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Berita Terbaru
Pentingnya Museum Demang Wono Pawiro

Pentingnya Museum Demang Wono Pawiro

Infogunungkidul, WONOSARI, Jum’at Wage Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berencana mendirikan taman budaya. Pengadaan tanah, tahun 2017 mulai direalisasikan. Muncul aspirasi baru tentang pentingnya musium yang menyimpan benda yang berhubungan dengan   sejarah berdirinya Bumi Handayani.

Meski belum ada penjelasan secara rinci, melalui Dinas Pariwisata, pemerintah mengalokasikan Dana Keistimewaan (Danais) 2017 guna merespon aspirasi publik terutama pelaku seni dan budaya.

Taman budaya belum berdiri, bahkan , termasuk lokasi juga masih rencana, menyusul aspirasi lain. Usulan tersebut tidak kalah urgen karena menyangkut sejarah berdirinya kabupaten Gunungkidul.

“Gunungkidul membutuhkan museum sejarah. Sebuah bangunan yang di dalamnya bisa untuk memajang temuan-temuan, artefak sebagai alat bukti bahwa tulisan atau cerita tentang asal-usul Gunungkidul tidak sekedar folklore atau dongeng. Beberapa temuan warga hingga kini masih disimpan di rumah masing-masing, karena belum ada greget membuat bangunan yang sebenarnya tidak perlu luas. Taruhlah seperti musium Pakualaman Jogja yang hanya menempati dua ruangan saja. Itu sudah memancing keingintahuan pelajar, pemerhati budaya, turis asing dan pelaku budaya untuk berkunjung. Nuwun,” tulis Muliantoro pembaca infogunungkidul.com. pada //infogunungkidul.com/dinas-kebudayaan-beli-tanah-calon-taman-budaya-dengan-danais/comment-page-1/#comment-1038.

Gagasan Muliantoro dinilai banyak pihak cukup masuk akal. Sangat istimewa, kalau dihubungkan dengan Ki Demang Wono Pawiro, yang banyak diceritakan sebagai tokoh yang diserahi proyek untuk membangun kota Wonosari di masa Perang Diponegoro.

Peninggalan Ki Demang pantas diidentivikasi, sekaligus perlu diselamatkan. Pemerintah Kabupaten Gunungkidul belum berfikir ke arah ini. Redaksi

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE 

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari

Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. Dapatkan Kalender Cantik......segera & terbatas!!! Ayo ke Ahass 693....Program guru servis lengkap discount 50% dengan membawa copy kartu guru berlaku mulai tgl 21 November s.d 5 Desember. Bengkel Ahass tunggal tidak buka cabang di Wonosari!!!

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy.

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE