• Minggu, 19 November 2017
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM D919C28D/ DAEC06F2/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Berita Terbaru
Putus Mata Rantai Pungli, Polisi Berlakukan E-Tilang

Putus Mata Rantai Pungli, Polisi Berlakukan E-Tilang

Infogunungkidul, WONOSARI, Sabtu LegiPolisi Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya) adalah program yang dicanangkan Kapolri, Jenderal Tito Karnavian, berlaku di seluruh Indonesia, tak terkecuali Kabupaten Gunungkidul. Sejak Maret 2017, Kepolisian Resort Gunungkidul memberlakukan sistem E-tilang (red Elektronik Bukti Pelanggaran) atau tilang secara elektronik. E-tilang diberlakukan bagi pengguna jalan yang melanggar tata tertib berlalulintas baik sepeda motor maupun mobil. Tujuanny untuk memutuas mata rantai pungutan liar yang dahulu membudaya.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Gunungkidul AKP Samiyono mengatakan, E-Tilang diberlakukan untuk memutus mata rantai pungli (pungutan liar) di lingkungan kepolisian.

“Sesuai perintah Kapolri agar polisi semakin profesional, modern dan terpercaya, maka E-Tilang diberlakukan. Dengan E-Tilang, maka tidak bisa pelanggar lalu lintas membayar denda tilang secara langsung kepada petugas. Itu artinya polisi tidak lagi menerima uang cash sebagai denda tilang. Pelanggar tinggal buka aplikasi M-Banking, tidak harus ke BRI dan dilakukan secara online,” papar Ajun Komisaris Polisi Samiyono.

Begitu  membayar di transaksi M-Banking, lanjut Kasat Lantas, maka otomatis si pelanggar tilang akan menerima pemberitahuan via online terkait berapa denda yang harus dibayar, demikian juga polisi yang menilang akan menerima pemberitahuan. Setelah tilang dibayar, pelanggar lalu lintas tidak perlu menghadiri sidang di Pengadilan dan denda tilang langsung masuk ke kas negara.

Senada dengan Kasat Lantas, IPDA Johan Rinto Damar Jati, Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Gunungkidul membeberkan keunggulan E Tilang. Salah satunya mengurus denda tilang tak sampai 10 menit selesai, sebab semua berlaku secara online. Selain mempermudah dan mempercepat proses pembayaran tilang, image polisi menerima uang suap tilang akibat pelanggaran lalu lintas langsung terputus. Tidak ada lagi yang namanya titipan untuk bayar denda tilang. Tarif denda tilang pun sudah ditetapkan berdasarkan zona wilayah masing-masing sesuai aturan yang berlaku.

“Seluruh pelanggar ditilang menggunakan model elektronik. Namun demikian, pelanggar tetap diberikan pilihan apakah akan menjalani sidang atau langsung membayar denda ke bank. Yang paling praktis ya E Tilang ini, sekarang kan aplikasi m-banking sudah banyak di ponsel,” jelas Inspektur Polisi Dua Johan Rinto.

Lebih lanjut, Ipda Johan menjelaskan bahwa bagi yang memilih sidang, petugas akan tetap memberi lembar merah dan di catat dalam E-Tilang.  Selain itu, pelanggar juga akan diberi nomor BRI Virtual akun untuk pembayaran dendanya.

Adapun bagi yang tidak memilih sidang  pembayarannya dengan cara: pelanggar membayar langsung di teller BRI dengan menunjukan nomer briva yang ditulis oleh petugas di lembar tilang. Pelanggar juga bisa membayar lewat ATM di menu pembayaran, lanjut menu lain-lain.

“Di menu lain- lain, nanti pilih menu briva, lanjut denda dan jenis pelanggaran yang sudah tertera di layar, baru setelah itu pilih menu bayar,” paparnya.

Setelah melakukan pembayaran di teller maupun di ATM, struk pembayaran dibawa untuk bukti di depan petugas untuk mengambil barang bukti yang di sita petugas.

“E Tilang ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian. Di sisi lain, kami akan terus berbenah dan tetap memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” pungkas Ipda Johan. Daru Punjul Santoso

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE 

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari

Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. Dapatkan Kalender Cantik......segera & terbatas!!! Ayo ke Ahass 693....Program guru servis lengkap discount 50% dengan membawa copy kartu guru berlaku mulai tgl 21 November s.d 5 Desember. Bengkel Ahass tunggal tidak buka cabang di Wonosari!!!

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy.

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE