• Selasa, 23 Oktober 2018
  • LOGIN
Kangen Gunungkidul Versi Calon Pemudik

Kangen Gunungkidul Versi Calon Pemudik

Infogunungkidul, Perantau yang ingin pulang ke Gunungkidul pada musim lebaran 2017 tidak hanya sibuk berburu tiket. Mereka juga heboh berimajinasi atau membayangkan tanah kelahiran. Pikirannya sedikit nakal, bukan bicara soal kemajuan yang dicapai, tetapi menggunjing nama-nama kota kecamatan.

Orang Gunungkidul juga ada yang lebai. Malah lebih lebai dari rekan-rekan mereka yang puluhan tahun hidup di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya. Ngomongnya asal nyeplos, tanpa dipikir panjang.

Kawula muda yang lebai ini bilang, banyak judul film Indonesia yang terinspirasi  nama-nama kecamatan di Gunungkidul. Tidak hanya satu dua.

Inem Paliyan Seksi dipoles menjadi Inem Pelayan Sexy.  Film ini diproduksi tahun 1976 hasil karya sutradara Nya’ Abbas Akup dengan pemeran Doris CallebauteTitiek Puspa, dan Jalal.

Begitu pula Ketika Musim Semin Tiba  diplesetkan menjadi Ketika Musim Semi Tibadibintangi Paramitha Rusady dan Meriam Belina.

Anda pasti tidak percaya film berjudul ‘Kawin Kontrak’  adalah film komedi produksi MVP Pictures yang dirilis 2008  disutradarai  Ody C. Harahap dan dibintangi Ricky HarunLukman SardiCut Mini TheoWiwid Gunawan, yang titel aslinya adalah Ngawen Kontrak.

Se Ponjong Jalan Kenangan, Panggang an Pertama, dan masih banyak lagi, tajuk film yang terilhami nama kecamatan di Gunungkidul.

Di luar judul film ada pula kelakar segar waton suloyo Patuk kimpling, bingung karena tidak bisa Tepus motor di pegadaian.

Tulisan ini disadur dari omongan Pulas Wiyatno, warga Padukuhan Plumbungan, Desa  Putat, Kecamatan Patuk yang sebentar lagi mudik bersama keluarga. Seamat datang di Gunungkidul Bang Pulas. Agung Sedayu


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE