• Senin, 20 November 2017
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM D919C28D/ DAEC06F2/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Berita Terbaru
Museum Demang Piyaman Oke, Perlu Kelengkapan Biografi

Museum Demang Piyaman Oke, Perlu Kelengkapan Biografi

Infogunungkidul, WONOSARI, Sabtu KliwonMasukan masyarakat untuk membuat museum Ki Demang Wono Pawiro ditangapi positif  Wakil Bupati Gunungkidul, Imawan Wahyudi. Dia setuju, tetapi harus dengan referansi sejarah, bukan sebatas cerita dari mulut ke mulut. Biografi Demang Wono Pawiro perlu dilacak secara cermat.

“Museum itu penting untuk dibuat, karena menyangkut kebudayaan, yang  mendukung pariwisata di Gunungkidul,” kata Imawan, usai menghadiri panen raya padi  di Desa Natah, Kecamatan Nglipar, Jum’at siang, 19/05/17  .

Namun demikian, lanjut Imawan, harus dilihat dari kontek yang lebih luas. Yang pertama dari segi  historis,  nilai edukasi, dan yang ketiga jumlah  barang yang mau dimusiumkan.

“Seberapa banyak peninggalannya Ki Demang Wono Pawiro? Kalau  sedikit tentu belum mewakili untuk dibuatkan museum, tetapi intinya ide itu bagus, ” tandasnya.

Menurutnya, kalau memang mau dibuat museum tiga hal itu harus diperhatikan terlebih dahulu dan menjadi persyaratan mutlak, tidak boleh diabaikan.

Wakil Bupati Gunungkidul lebih detail mengatakan, keberadaan Ki Demang Wono Pawiro harus ditelusur secara historis. Selama ini sosok Ki Wono Pawiro sebatas tergambar dalam cerita.

Menurutnya, mulai dari siapa orang tua Ki Demang, kapan beliau lahir, siapa yang memerintahkan untuk babad Alas Nongko Doyong harus dipaparkan secara kongkrit. Saat ini, menurutnya masih ada kesimpangsiuran. Ada cerita, yang memerintahkan Sri Sultan HB I, ada pula yang menyebut Sri Sultan HB V. Mana yang benar ini perlu diuji.

Menurut Immawan, yang bisa membantu mengumpulkan biografi Ki Demang Wono Pawiro, tidak lain adalah keturunan beliau dan para pakar sejarah Gunungkidul. W. Joko Narendro

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE 

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari

Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. Dapatkan Kalender Cantik......segera & terbatas!!! Ayo ke Ahass 693....Program guru servis lengkap discount 50% dengan membawa copy kartu guru berlaku mulai tgl 21 November s.d 5 Desember. Bengkel Ahass tunggal tidak buka cabang di Wonosari!!!

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy.

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE