• Sabtu, 22 September 2018
  • LOGIN
GUNUNGKIDUL BISA MENATA PANTAI DENGAN DANAIS

GUNUNGKIDUL BISA MENATA PANTAI DENGAN DANAIS

Infogunungkidul

NGLIPAR, Senin Wage–Sepanjang patai selatan (70) Km masih belum lepas dari kesan kumuh dan kotor. Ini harus segera dibenahi. Biaya bisa memanfaatkan Dana Keistimewaan (Danais).

 

Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati menjadikan wilayah Gunungkidul sebagai daerah tujuan wisata terkemukaberbudaya, menuju masyarakat berdaya saing, maju, mandiri, dan sejahtera tahun 2021.

 

Guna mewujudkan visi missi itu Pemda Gunungkidul sebaiknya segera membenahi pantai selatan. Selama ini, pantai masih merupakan salah satu primadona.

 

Pemda Gunungkidul bisa memanfaatkan Danais DIY yang dialokasikan ke Gunungkidul untuk menata kawasan pantai. Hal ini seiring dengan telah ditetapkanya Perdais Nomor 2 Tahun 2017 tentang Tata Ruang Tanah Kesultanan dan Tanah Kadipaten.

 

Penataan pantai harus memperhartikan peraturan yang berlaku. Utamanya harus memperhatikan garis sepandan pantai. Bila  perlupinggir pantai dibuat pagar atau tembok pembatas seperti di Bali. Tujuannya, suaya  pedagang tidak membuat bangunan di bibir laut. Pantai harus benar benar dijadikan area publik yang nyaman bagi wisatawan.

 

Di samping itu pantai harus bersih dan rapi, kesan kumuh harus dihilangkan. Mustahil mewujudkan rasa nyaman ke pengunjung, jika kumuh dan kotor.

 

Slamet, S.Pd. MM


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE