• Jumat, 20 Juli 2018
  • LOGIN
Enam Elang Brontok Dilepas di Tahura

Enam Elang Brontok Dilepas di Tahura

Elang Brontok

Infogunungkidul, 

PLAYEN, Senin Pahing-Populasi burung elang brontok terus berkurang. Direktur Jenderal (Dirjen) Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Wiranto melakukan pelepasan burung elang di Taman Hutan Raya (Tahura)  kawasan konservasi Hutan Bunder, Desa Gading, Kecamatan Playen, Minggu,(25/2).

 

Burung elang  brontok (Nisaetus Cirrhatus) sering disebut sebagai burung rajawali atau garuda.

 

Ukuran raptor ini memang besar dengan rentang sayap cukup lebar. Perawakan burung elang brontok tegap dan gagah. Populasi burung ini kian berkurang karena ulah manusia.

“Enam ekor burung kami lePas. Mereka berhak didup di alam bebas. Masyarakat dilarang melakukan perburuan terhadap hewan dilindungi ini” ujar Wiranto.

Dia menyampaikan, akan terus berusaha menekan praktik perdagangan terhadap satwa dilindungi, baik perdagangan langsung maupun lewat media sosial.

 

Sementara itu, Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY, Junita Parjanti menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi atas kerjasama lintas lembaga konservasi yang ada di DIY dalam upaya konservasi satwa.

 

Pelepas satwa dilindungi dan pemasangan satellite tracking bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Hewan UGM.

“Ini adalah yang kedua di Indonesia setelah sebelumnya dilakukan BKSDA Jawa Timur," ucapnya.

Junita mengatakan, data yang terkumpul dari satellite tracking yang dipasang pada Elang ini nantinya akan dikaji para akademisi, para penggerak dan pelaku konservasi satwa dilindungi, khususnya Elang.

Reporter: WP-ig

 


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE