• Jumat, 16 November 2018
  • LOGIN
Orang Hebat Serahkan Gerobak Angkringan Untuk Warga Gedangsari

Orang Hebat Serahkan Gerobak Angkringan Untuk Warga Gedangsari

Foto Bersama Calon Penerima Program

 

Infogunungkidul, 

GEDANGSARI, Sabtu Pahing-Komunitas Orang Hebat Indonesia  (Kohi) Konsultan memberikan bantuan gerobak secara gratis kepada 15 warga Gedangsari. Pemberian bantuan itu sebagai program pendampingan usaha kecil menengah (UKM) dan program pemberdayaan masyarakat desa.

Rommy Heryanto, pendiri Kohi konsultan sekaligus Anggota Dewan Pendidikan DIY mengatakan hal itu ketika memberikan pengarahan pada para calon penerima gerobak angkringan di Kecamatan Gedangsari, Jumat, (02/03) kemarin.

Dibeberkannya,  Kohi Indonesia Konsultan merupakan lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dalam pendampingan UKM dan pemberdayaan masyarakat desa.

  Rommy Heryanto 

Program bagi-bagi gerobak, Kohi bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Gedangsari untuk memperkuat potensi UKM, dalam bentuk program Gerobak Produktif Gedangsari (GPG). Hal ini merupakan program stimulus hibah. Calon penerima sudah diseleksi  Kepala Desa masing-masing.

GPG berupa usaha angkringan, bakso, mie ayam dan bakmi jawa. Penerima  tidak sekedar menerima bantuan tetapi harus mengikuti program kelas wirausaha selama 3 bulan dan program pemdampingan 3 bulan.

Dipilih Gedangsari, karena Kohi Indonesia merupakan salah satu bagian dari komunitas  dalam program percepatan Kecamatan Gedangsari yang diinisiasi oleh Dewan Pendidikan DIY. Alasan lain, Gedangsari merupakan salah satu kecamatan termiskin.

Selebinya, Kecamatan Gedangsari mempunyai objek wisata. Tidak didukung sektor ekonomi, wisata sulit untuk berkembang.

Rommy menambahkan, Kohi Indonesia sudah tersebar di seluruh DIY. Kohi berkomitmen melakukan pelatihan wirausaha untuk pemuda, kelompok masyarakat dan kelompok perempuan. Berikutnya ada pula pendampingan TKI purna, korban kekerasan dalam rumah tangga, mantan napi dan sebagainya.

Ia berharap, program GPG angkatan pertama bisa menjadi motor penggerak UKM.

Ketua Paguyuban Kepala Desa se Kecamatan Gedangsari, Kaderi, mengapresiasi program yang diberikan oleh Kohi Indonesia.

 Kaderi: presiasi program.

Reporter: W. Joko Narendro_ig

 


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE