• Rabu, 18 Juli 2018
  • LOGIN
Hasil Kajian Situs Sokoliman, Pemugaran Terancam Gagal

Hasil Kajian Situs Sokoliman, Pemugaran Terancam Gagal

Situs Sokoliman

 

Infogunungkidul, 

WONOSARI, Rabu Legi-Situs Sokoliman dipastikan belum bisa dipugar tahun 2018. Hasil pendataan dan kajian yang selesai bulan Desember 2017, justru merekomendasikan meniadakan atau membongkar bangunan-bangunan baru. 

Disampaikan Sekretaris Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Siti Isnaini Dekoningrum Nurhandayani, SH, Rabu, (07/03), 

Alhasil, anggaran Rp 1 milyar lebih yang diprogramkan tahun 2016 teramcam gagal.
 

Dekoningrum: Tahun 2018, tidak dianggarkan untuk pemugaran situs Sokoliman.

 
Dengan alasan rekomendasi dari hasil kajian pendataan kawasan situs, tidak diperbolehkan adanya bangunan baru, seperti duplikat menhir, bangunan pagar dan lantai keramik.
 
Artinya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan pada saat itu, ada kesalahan pada saat melakukan  pememugaran situs Sokoliman yang terdapat 248 menhir dan 17 kubur batu tersebut.
 
Kendati demikian, selain untuk meniadakan bangunan baru, pihaknya masih tetap menunggu rekomendasi dari Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY, boleh tidaknya situs cagar budaya Sokoliman untuk dipugar.
 
Pihaknya tidak berani melakukan pemugaran tanpa adanya rekomendasi dari BPCB. Demi penyelamatan dan untuk menampung artefak yang ada di Sokoliman, jika sudah ada rekomendasi, akan dianggarkan untuk pemugarannya.
 
Reporter: W. Joko Narendro_ig
 


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE