• Sabtu, 22 September 2018
  • LOGIN
Bantuan Sosial Beras Sejahtera Bulan April Diganti BPNT

Bantuan Sosial Beras Sejahtera Bulan April Diganti BPNT

Foto: Koordinasi Perwakilan Kecamatan dan TKSK

 

Infogunungkidul, 

WONOSARI, Selasa Pahing-Bantuan Sosial Beras Sejahtera atau Rastra dipastikan hanya sampai bulan Maret tahun ini. Mulai bulan April 2018 akan diganti menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

 
Dikatakan Dra. Siwi Iriyanti, M.Si, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul, saat ini sedang persiapan dalam pendistribusian bantuan sosial beras sejahtera untuk bulan Maret.
 
Sesuai jadwal pendistribusian di seluruh Gunungkidul dimulai dari tanggal (14/03) sampai 31 Maret 2018.
 
Setelah itu, lanjut Siwi, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mulai bulan April akan menerima Bantuan Pangan Non Tunai diberikan berupa kartu.
 
Sebenarnya sama hanya saja masuk dalam rekening masing-masing KPM, tetapi tidak bisa diambil dalam bentuk uang. Nilai uang Rp.110 ribu tersebut harus diwujudkan barang, berupa beras dan telur.
 
Persiapan data saat ini, menurutnya, baru mengusulkan perubahan dari hasil Musyawarah Desa (Musdes), masing-masing desa yang berjumlah 9000 KPM. 
 
Untuk persiapan penyediaan barang Dinsos sudah bekerjasama dengan Bank Mandiri, terkait dengan kesiapan agen penyedia barang. Bisa toko-toko yang sudah terdaftar di Bank Mandiri. Untuk suplai barangnya bisa dari Bulog atau pengusaha sekitar, dinas tidak akan terlalu jauh mencampuri hal itu.
 
Menurutnya, seluruh Gunungkidul ada 88267 Keluarga Penerima Manfaat. Akan disediakan e-warung untuk penukaran barang berjumlah 500 e-warung  diseluruh Gunungkidul.
 
Ditambahkan, terkait distribusi rastra dan bantuan pangan non tunai, Sekda Gunungkidul juga menyampaikannya dalam surat pemberitauanya yang ditujukan kepada camat seluruh Gunungkidul. 
 
Selanjutnya pihaknya mengumpulkan perwakilan dari kecamatan dan TKSK untuk menindaklanjuti pemberitahuan tersebut.
 

Dra. Siwi Iriyanti, M.Si, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul

 
Reporter: W. Joko Narendro_ig
 


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE