• Senin, 16 Juli 2018
  • LOGIN
Terinspirasi Internet, Kardi Ciptakan Kerajinan Berbahan Baku Pralon

Terinspirasi Internet, Kardi Ciptakan Kerajinan Berbahan Baku Pralon

Foto: Kerajinan 

 

Infogunungkidul, 

GEDANGSARI, KAMIS LEGI-Kardi (29), warga Rt 05/04, Padukuhan Plasan, Desa Watugajah, Kecamatan Gedangsari ciptakan berbagai kerajinan berbahan baku pralon. Awalnya, hasil karya tercipta karena terinspirasi dari internet.

 
Kardi ditemui saat mengikuti bazar di Balai Desa Watugajah, Rabu (21/03), membeberkan, modal utama adalah ulet dan tekun.
 
Berbagai model, hasil karya yang sudah dibuat diantaranya, tempat pulpen dan tissue, tempat asbak, juga berbagai suvenir gantungan kunci dengan bermacam-,macam gambar pemandangan atau nama seseorang.
"Kalau nama itu tergantung pesanan, kita bisa buatkan khusus, seperti souvernir untuk nikahan atau souvenir untuk seseorang," ujarnya.
Selama ini semua kerajinan ia kerjakan sendiri. Sistim pemasaran lewat online dan saat ini menjadi suplier di Swalayan Pantes, Wonosari.
 
Terkait bahan baku, menurutnya tidak mengalami kesulitan, kadang menggunakan limbah pralon yang tidak terpakai. Namun demikian ia juga tidak sembarang menggunakan bahan pralon, yang digunakan tentu yang kualitasnya bagus.
 
Warna alami dan bentuk ukiran sudah muncul sendiri, karena efek dari pembakaran pralon. Kardi mulai menekuni kerajinan dari awal tahun 2018 ini.
"Memang warnanya sudah alami dari warna pralonya, hanya karena dibakar sehingga sudah membentuk ukiran sendiri," kata Kardi.
Ia berharap dengan hasil kerajinan yang dibuatnya dapat menambah khasanah perbendaraan souvernir dari Gunungkidul. Menunjang program pemerintah dalam pengembangan pariwisata di Gunungkidul.
 
(Joko) 
 


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE