• Kamis, 19 Juli 2018
  • LOGIN
Dinas Lakukan Berbagai Terobosan Untuk Merangsang Petani Tanam Kedelai

Dinas Lakukan Berbagai Terobosan Untuk Merangsang Petani Tanam Kedelai

Foto: Bambang Wisnu Broto

 

Infogunungkidul, 

WONOSARI, RABU PAHING-Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Ir. Bambang Wisnu Broto mengatakan, rendahnya animo petani Gunungkidul untuk menanam kedelai, disebakan karena nilai ekonomisnya kurang. Pihaknya melakukan berbagai terobosan untuk merangsang petani, salah satunya dengan gerakan menanam kedelai.

Dijelaskan Bambang, untuk mencapai target, pihaknya mengadakan gerakan untuk menanam kedelai. Dibeberapa daerah didatangi dalam rangka memberikan semangat para petani untuk menanam kedelai kembali.
 
Ia mencontohkan di daerah Gledak, Playen, Jum'at 16 Maret 2018 Kelompok Tani Dadi Makmur, Padukuhan Glidag, Desa Logandeng, Kecamatan Playen secara serentak memulai gerakan tanam kedelai. 
 
Hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan produksi kedelai di Kabupaten Gunungkidul dan upaya tercapainya swasembada kedelai.
 
Upaya yang lain, Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) di Bandung, Playen, mencoba membuat tempe organik, tujuanya supaya kedelai lokal bisa terangkat.
 
Diakuinya bahwa target luas areal tanaman kedelai belum mencapai target, masih kurang sekitar 1300 hektar.
 
Beberapa waktu yang lalu, Bambang juga memberikan alasan kenapa petani rendah minatnya untuk menanam kedelai. Menurutnya disebabkan nilai ekonomisnya kalah bersaing dengan komoditas tanaman pangan lain, yakni padi dan jagung, selain itu, kedelai bukan tanaman prioritas utama.
 
Rendahnya produktivitas kedelai, tambahnya, berdampak buruk terhadap kebutuhan bahan baku produksi tahu dan tempe, sehingga sering terjadi kelangkaan dan fluktuasi harga kedelai. (Jok)
 

Video 1: Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Ir. Bambang Wisnu Broto


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE