• Kamis, 15 November 2018
  • LOGIN
Seleksi Calon Personil Paskibraka Memasuki Tahap Penyaringan Terakhir

Seleksi Calon Personil Paskibraka Memasuki Tahap Penyaringan Terakhir

Foto: Seleksi Paskibraka Kabupaten Gunungkidul

 

Info-Wonosari, Kamis Pon-Penggemblengan dan seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Gunungkidul, Rabu (28/02) memasuki tahap penyaringan terakhir untuk menentukan menjadi anggota Paskibraka. Dari 400 peserta hanya akan diambil 80 peserta.

Khahyanto Utomo, Kepala Seksi Pemuda Kabupaten Gunungkidul, mengatakan, awal seleksi dilakukan oleh beberapa tim medatangi sekolah-sekolah. Seleksi awal dari sekolahan, pada Sabtu (24/03) diambil 400 peserta dari berbagai sekolah SMA/K sederajat di seluruh Kabupaten Gunungkidul..

Dia juga menjelaskan, peserta harus menjalani serangkaian tes antara lain, kesehatan yang dilakukan dari dokter Polda DIY, kesegaran jasmani seperti lari, dan PBB, terakhir wawancara kemampuan berbahasa, seperti kemampuan berbahasa Inggris, Indonesia serta bahasa Jawa, juga termasuk wawasan kebangsaan.

 

Baca juga:

 

Tahap pertama tersebut, lanjut dia, tersaring menjadi 150 peserta, dan pada, Rabu, (28/03), penggemblengan terakhir untuk memilih 80 anak yang akan menjadi anggota paskibraka. Dengan rincian putra 42 dan putri 38 peserta.

Kemudian, menurut Kahyanto, akan dilakukan seleksi 24 besar, untuk dipilih 16 peserta yang akan dikirim ke DIY. Dari jumlah 16 tersebut akan diambil 8 peserta, terdiri dari 4 putra dan 4 putri. Peserta yang tidak lolos seleksi di DIY akan dikembalikan lagi ke Kabupaten Gunungkidul menjadi peserta Paskibraka kabupaten.

Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2004 dan 2017 lolos masuk tim Paskibraka tingkat Nasional, namun untuk tahun 2018 kemungkinan kecil untuk bisa terulang.

Video 1: Kepala Seksi Pemuda Kabupaten Gunungkidul Kahyanto Utomo, Menjelaskan Tahapan Seleksi Calon Personil Paskibraka


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE