• Kamis, 19 Juli 2018
  • LOGIN
Jumat Wage Puncak Sedekah Rasulan Padukuhan Kepek Banyusoco

Jumat Wage Puncak Sedekah Rasulan Padukuhan Kepek Banyusoco

Foto: Kades Banyusoco Sutiyono, Memimpin Upacara Pelepasan Peserta Kirab Budaya

 

Infogunungkidul, 
PLAYEN, JUMAT WAGE-Kirab budaya dalam rangka peringatan bersih dusun, Dusun Kepek 1 dan 2 Desa Banyusoco Kecamatan Playen berlangsung meriah, pada Kamis (29/03). Ratusan warga masyarakat ikut ambil bagian menjadi peserta kirab. Bersih dusun menjadi agenda rutin tahunan, dimana dalam pelaksanaannya di gelar usai panen padi serta puncak prosesi sedekah rasulan jatuh setiap hari Jumat Wage.

Sebelum pelaksanaan kirab, beberapa agenda kegiatan lain telah dilaksanakan oleh panitia diantaranya turnamen bola voly. Selain itu seusai kirab digelar hiburan dengan menampilkan potensi warga. Acara jatilan berbarengan sedekah rasul digelar pada hari Jumat, (30/03). Puncak acara bersih dusun akan digelar wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Cermo Hadi Wiyono dari Semanu pada Sabtu malam, (31/03).

 

Baca juga:

 

Jono salah satu Seksi Budaya bersih dusun Kepek 1 dan 2 menjelaskan, dalam kegiatan pawai diikuti oleh 19 kelompok peserta yang kesemuanya warga Padukuhan Kepek, kecuali kelompok drum band.

Video 1: Jono Menjelaskan Rangkaian Agenda Bersih Dusun Kepek

Lebih lanjut Jono menyampaikan, Padukuhan Kepek 1 dan 2 dalam melestarikan tradisi bersih dusun setiap tahunnya bergiliran sebagai tuan rumah. Dengan jumlah Kepala Keluarga kurang lebih 300 KK, masing-masing KK sesuai hasil musyawarah disepakati minimal iuran partisipasi dana bersih dusun sebesar Rp. 60.000,-.

Video 2: Partisipasi Dana Setiap KK Minimal Rp. 60.000,-

Pelepasan peserta kirab budaya dipimpin langsung oleh Kepala Desa (Kades) Banyusoco Sutiyono dengan disaksikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul Drs. Agus Kamtono, MM beserta jajaran Muspika Playen.

Video 3: Upacara Pelepasan Peserta Pawai Budaya Oleh Kades Banyusoco Sutiyono

Peserta kirab menampilkan ragam potensi unggulan padukuhan serta ragam kesenian budaya Desa Banyusoco. (Ag-ig)

Video 4: Suasana Meriahnya Pawai Budaya Bersih Dusun Kepek 1 dan 2


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE