• Minggu, 18 November 2018
  • LOGIN
Pohon Kelapa Bercabang Pemberian Kanjeng Sinuwun

Pohon Kelapa Bercabang Pemberian Kanjeng Sinuwun

Foto: Pohon Kelapa bercabang

 

Infogunungkidul, 

NGLIPAR, KAMIS KLIWON-Aneh dan langka, pohon kelapa bercabang 6 tumbuh di Wilayah Kecamatan Nglipar, tepatnya di Rt 05/03, Padukuhan Nglebak, Desa Katongan. Diyakini asal muasalnya dari pemberian Kajeng Sinuhun Sri Sultan HB IX.

Diceritakan Ketua Rukun Warga (RW) setempat, Suharyono, pohon kelapa milik Mbah Janti (70) ini memang memiliki keanehan, diketahui mulai bercabang pada usia 10 tahun, sedang tinggi pohon saat itu baru sekitar 3 meter.

Video 1: Pohon kelapa bercabang

Saat ini, lanjutnya tinggi pohon kurang lebih 10 meter, dan sudah bercabang 6, tidak menutup kemingkinan pohon akan cabang lagi. Karena menurut Suharyono, bibit awalnya bisa sampai cabang 9.

Karena keanehanya tersebut, banyak orang datang untuk melihatnya karena penasaran. 
Orang yang datang seingatnya, berasal dari Gunungkidul bahkan dari luar Gunungkidul, seperti, Jogjakarta, Sukoharjo, Semarang.

Bahkan pohon kelapa merah tersebut sering ditawar orang untuk dibeli. Puluhan juta bahkan belasan juta penawaran pembeli, namun pemilik tidak niat untuk menjualnya dengan harga berapapun.

Asal usul pohon kelapa cabang ini, diceritakan Suharyono, pemberian Kanjeng Sinuwun Sri Sultan HB IX. Awal nya pohon diberikan kepada keluarga Mbah Janti, kemudian  pohon kelapa pemberian tersebut ditanamlah di pekarangannya wilayah Padukuhan Nglebak, Desa Katongan. (Joko)

Video 2: Cerita asal usulnya kelapa bercabang, oleh ketua RW setempat, Suharyono


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE