• Kamis, 19 Juli 2018
  • LOGIN
Pendidikan di Gunungkidul, Masih Perlu Peningkatan SDM

Pendidikan di Gunungkidul, Masih Perlu Peningkatan SDM

Dr. H. Muhir Subagya, MM dan H. Bahron Rosyid (Foto: IG/Joko)

 

WONOSARI, RABU PON, infogunungkidul.com-Pendidikan di Gunungkidul dinilai semakin bagus, namun perlu adanya peningkatkan Sumberdaya Manusianya. Terlihat 1500 tenaga guru pendidik, baik GTT/PTT serta guru ASN penuhi Pendopo Bangsal Sewoko Projo, Rabu, (18/04) mengikuti seminar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.

BACA JUGA: Seminar Nasional, Bupati Berhalangan Hadir

Dr. H. Muhir Subgya, MM, Ketua Pengurus Besar PGRI Nasional saat menjadi narasumber mengatakan, bahwa pendidikan di Gunungkidul semakin maju, terlihat dari antusiasme para guru dalam mengikuti seminar dari awal sampai akhir.

Dia berharap dengan antusiasme yang ditunjukkan, berangsur-angsur SDM nya akan semakin meningkat. Kemajuan pendidikan bisa terlihat bagaimana gurunya dalam menghadiri forum-forum yang diadakan oleh PGRI Gunungkidul.

Diakuinya, memang masih harus memperbaiki kualitas SDM, 4 kompetensi harus dipenuhi oleh guru yang profesional, terutama kompetensi soal kepribadian yang menyangkut akhlak, supaya menjadi karakter seorang guru yang menjadi suri tauladan.

Terkait masalah kesejahteraan, menurutnya, bagi guru GTT/PTT tergantung dari SK bupati. Selain itu tergantung anggaran APBD, kalau itu terpenuhi kedepanya bisa mendapatkan sertifikasi atau anggaran dari Pemerintah Daerah.

BACA JUGA: GTT/PTT Ancam Mogok, Bupati Segera Beri Jawaban

Pada saat ini, tambahnya, baru sebatas Surat Keputusan (SK) Kepala Sekolah, jadi belum mempunyai kekuatan hukum tetap. Sedang untuk Kabupaten lain sudah banyak yang mengeluarkan SK Bupati. Untuk di Gunungkidul masih diteliti supaya tidak salah meng-SK-kan, selain itu tergantung dari kemampuan APBD.

Dr. H. Muhir Subgya, MM, Ketua Pengurus Besar PGRI Nasional: Pendidikan di Gunungkidul Masih Harus Memperbaiki Kualitas SDM

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Gunungkidul H. Bahron Rosyid, menjelaskan, sesuai instruksi Bupati yang dilimpahkan kepadanya, bahwa pemberian SK Bupati kepada guru GTT/PTT, formula yang terbaik untuk mengeluarkan SK, sesuai dengan formasi yang ada, nominasi dan kemampuan anggaran daerah yang ada.

Yang jelas akan mengeluarkan SK sesuai dengan jumlah formasinya, saat ini yang diajukan kurang lebih ada 580. Masalah mengantisipasi GTT/PTT yang belum mendapatkan SK, karena jumlahnya masih ribuan, Bahron belum bisa memberikan jawaban.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Gunungkidul, H. Bahron Rosyid: Akan Mengeluarkan SK Sesuai Dengan Jumlah Formasinya.

(Joko)


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE