• Minggu, 21 Oktober 2018
  • LOGIN
Gelombang Tinggi Pantai Selatan, Petugas Ingatkan Wisatawan

Gelombang Tinggi Pantai Selatan, Petugas Ingatkan Wisatawan

Gelombang tinggi pantai selatan (Istimewa)

 

TANJUNGSARI, MINGGU LEGI-infogunungkidul.com-Tim SAR Satlinmas Kabupaten Gunungkidul mengingatkan wisatawan dan nelayan, terkait peningkatan gelombang tinggi yang akan terjadi hari ini. Seluruh personil tim SAR bersiaga karena banyaknya pengunjung.

Sekretaris SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Surisdiyanto mengatakan, pagi ini ketinggian gelombang sudah terlihat meningkat. Dari laporan yang diterimanya gelombang akan mengalami kenaikan antara 3 sampai 4,5 meter.

"Saat ini sudah nampak peningkatan gelombang," ujarnya, Minggu (22/04).

Gelombang tinggi diperkirakan akan meningkat lebih tinggi mulai siang hari nanti hingga tengah malam nanti. Puncaknya, menurutnya, tengah malam nanti, dan berangsur turun.

BACA JUGA: Cidera Kaki Pemancing di Evakuasi oleh Tim SAR Pantai Parangtritis

Dijelaskan, pihaknya sudah menghimbau kepada wisatawan untuk tidak banyak beraktifitas di air, dan tidak mandi di laut. Selain itu, himbauan juga diberikan kepada nelayan. Saat ini sebanyak 58 personil tim SAR satlinmas sudah bersiaga mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, karena banyaknya pengunjung yang berdatangan untuk berwisata.

Untuk siang hari kita himbau kepada wisatawan agar mentaati himbauan dan peringatan. Malam harinya untuk para nelayan. Kita memang tidak berani malarang nelayan untuk beraktivitas, hanya sebatas himbauan. Tetapi biasanya jika gelombang tinggi mereka tidak melaut.

BACA JUGA: Diduga Kecapekan, Seorang Pelajar Pingsan di Pantai Sepanjang

Sementara itu, Koordinator Sar Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Marjono menambahkan, keselamatan pengunjung tergantung pribadi masing-masing wisatawan. Artinya jika wisatawan mau mematuhi rambu dan himbauan petugas maka kecil kemungkinan kecelakaan laut terjadi.

"Kami berharap wisatawan mau mematuhi peraturan, hal ini demi keselamatan mereka," pungkasnya. (joko)


BACA JUGA