• Sabtu, 17 November 2018
  • LOGIN
Tombak Kyai Pleret Banteng Mataram Dipentaskan PKM Sebagai Pelestari Budaya Jawa

Tombak Kyai Pleret Banteng Mataram Dipentaskan PKM Sebagai Pelestari Budaya Jawa

Pengurus PKM Saat Konfrensi Pers (foto: infogk-edy)

 

YOGYAKARTA-MINGGU PAHING-infogunungkidul.com-Dalam upaya melestarikan Budaya dan Tradisi Jawa, meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan serta menumbuhkan semangat Nasionalisme sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) Paguyuban Kawulo Mataram (PKM) akan melaksanakan Gelar Budaya dengan pargelaran ketoprak mengambil lakon Tombak Kyai Pleret Banteng Mataram pada Sabtu (28/04), mendatang di Jirak Sleman DIY.


KRT. Bimo Subandi Mirdo Dinoto Ketua Umum (Ketum) Paguyuban Kawulo Mataram menjelaskan, PKM merupakan gerakan Nasional anti Narkotika, anti SARA, anti kekerasan, dan anti kerusuhan.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dalam acara gelar budaya tersebut juga akan dilaksanakan pengukuhan pengurus korwil seluruh perwakilan wilayah di Nusantara. Tidak kurang dari 1000 undangan telah di sebarkan ke seluruh peserta.

Dalam gelar budaya PKM bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY serta dinas-dinas terkait. Selain itu Gubernur DIY beserta Paku Alam, perwakilan Keraton Solo, perwakilan Bali, perwakilan Jawa Timur, dan lainnya turut menghadiri.


"Pihak Sekretariat Negara meskipun secara pribadi sudah kita sampaikan dan kita harap bisa hadir," ujarnya.

Meskipun acara tersebut acara akbar namun dalam hal pendanaan semua ditanggung PKM. Untuk mendukung keamanan serta ketertiban selama acara berlangsung pihak aparat baik TNI/Polri juga dilibatkan.

Sementara itu Koordinator PKM wilayah Jawa Tengah Edy Mulyono menyampaikan, inti dari PKM adalah turut serta aktif dalam melestarikan warisan budaya Jawa yang Adi Luhung agar tidak hilang tergerus kemajuan jaman.


"Untuk pementasan kesenian ketoprak kita mengambil klasik," tambahnya.

Reporter: Ag/ig


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE