• Rabu, 18 Juli 2018
  • LOGIN
Dinas Kebudayaan Latih Reyog dan Jathil Pemula

Dinas Kebudayaan Latih Reyog dan Jathil Pemula

 Muryanto,S.Sos memberikan materi pelatihan (Foto: infogunungkidul/joko)

 

WONOSARI, SELASA WAGE-infogunungkidul.com-Untuk memberikan pemahaman kemasan terhadap reyog dan jathil yang sedang berkembang di DIY, ratusan group kesenian reyog dan jathil dari 18 Kecamatan di wilayah Kabupaten Gunungkidul mendapatkan pelatihan/ workshop di Bangsal Sewoko Projo (BSP), Selasa, (24/04). 

Disela-sela acara workshop Drs. Restu Raharja Kepala Bidang Seni Adat dan Tradisi, Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul mengatakan, bahwa group pemula yang diberikan pelatihan merupakan group yang belum pernah mendapatkan pelatihan sebelumnya.

Bertujuan Memberikan Pemahaman Terhadap Perkembangan Seni Reyog dan Jathil di DIY.

Menurutnya, perkembangan seni reyog dan jathil sangat bagus, bahkan menjadi salah satu ikonnya Gunungkidul. Ia berharap dengan pelatihan ini dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan reyog dan jarhil di Gunungkidul.

Salah satu nara sumber Muryanto, S.Sos, seniman asal Nglipar, saat memberikan materi pelatihan tari, rias, busana, dan tata pentas mengatakan, bahwa seni reyog dan jathil kemasan ceritanya diusahakan mengandung unsur sejarah yang mudah dipahami oleh para penonton. Cerita sejarah menurutnya, tidak harus sejarah yang sudah melegenda.

"Justru sejarah atau cerita lokal perlu diangkat lewat seni reyog atau jathilan," ucapnya.

Muryanto, sosok yang gemar mencipta koreo seni reyog dan jathilan ini juga menjelaskan tentang cara, dan corak warna berpakaian, sehingga akan menarik penonton. Menurutnya baik segi keluwesan, dan kekompokan gerak menjadi pertimbangan juri dalam suatu kompetisi.

"Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah kolaborasi musik yang serasi, baik reyog maupun seni jathilan," tambahnya.

Dengan adanya pelatihan ini Ia berharap kedepannya akan menambah pemahaman, dan wawasan, sehingga dapat mengikuti perkembangan seni reyog dan Jathilan yang ada di DIY. (Joko)


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE