• Rabu, 18 Juli 2018
  • LOGIN
GEGER MASALAH TENAGA KERJA ASING

GEGER MASALAH TENAGA KERJA ASING

Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Iza Mahendra (ist)

WONOSARI-Kamis Pon-infogunungkidul.com-Menanggapi masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) dari Cina, sebagian intelektual bangsa memilih berfikir kolot. Bersikap tertutup dengan cara berlindung di balik Preambul UUD 1945. Mereka tidak ada niat memperdalam hakekat filosofi melindungi segenap tanah tumpah dararah.

Semalam, 1/5/18, pakar hukum tata negara, Yusril Iza Mahendra, di ILC berbicara lugas, masuknya TKA Cina bertentangan dengan kosep melindungi tenaga kerja Indonesia.

Untuk itu, dia menyatakan bersedia melakukan uji materi terhadap Peraturan Presiden No. 20 Tahun 2018 ke Mahkamah Agung.

Masalahnya, kata dia, Perpres tersebut tidak mungkin dicabut.

Yusril, menurut saya, merupakan salah satu cendekiawan yang berfikir ortodok. Dia memaknai kata melindungi sama dengan memproteksi.

Dalam konteks dunuia tanpa sekat, melindungi buruh lokal bisa dijabarkan sebagai menempatkan, atau meminjam istilah Ram Charam, mereposisi buruh lokal sesuai martabat kemanusiaan yang tertuang di Pasal 27 UUD 1945.

Celakanya, pihak pemerintah yang diwakili partai PDIP dan Golkar tidak cerdas menangkis serangan atas isu TKA yang digoreng Gerindra, dan kelompok yang berseberangan dengan Pemerintah.

ILC yang berakhir tengah malam, terkesan Perpres No. 20 Tahun 2018 adalah salah. Padahal belum tentu.

Bambang Wahyu Widayadi


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE