• Sabtu, 22 September 2018
  • LOGIN
Tahun ini Makam Demang Wonopawiro di Ziarahi

Tahun ini Makam Demang Wonopawiro di Ziarahi

Ziarah makam Ki Demang Wonopawiro 

WONOSARI, Rabu Wage-infogunungkidul.com-Memperingati hari jadi Kabupaten Gunungkidul ke-187, sejumlah pejabat pemerintahan Kabupaten akhirnya ziarah ke makam Demang Wonopawiro Piyaman, Kecamatan Wonosari. Demang Wonopawiro di tahun sebelumnya tidak terjadwalkan untuk di ziarahi.

Di hari yang sama, ziarah juga dilakukan di sejumlah makam mantan Bupati Gunungkidul, diantaranya R.T. Pontjodirjo, dan Sumpeno Putro di Ponjong, lalu Pandji Hardjodipuro Semanu, termasuk Ki Demang Wonopawiro Piyaman.

Yang mana sebelumnya Tahun 2017, sempat menimbulkan kontroversi karena Ki Demang tidak masuk dalam agenda ziarah Pemkab Gunungkidul. Kemudian waktu itu dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul, akhirnya dilakukan ziarah besama anggotanya. Kritikan pedas kala itu dilontarkan oleh Ketua DPRD. Hingga akhirnya tahun ini diagendakan ziarah ke makam Ki Demang Wonopawiro, pada Selasa (08/05).

Di hari yang sama pula ziarah juga di makam mantan bupati Gunungkidul periode 2001-2005 KRT Hardjo Hadinagoro atau lebih dikenal dengan nama Yoetikno di Desa Pilangrejo, Nglipar.

Terlepas dari kasus hukum yang pernah dijalani almarhum Yoetikno, semasa hidupnya almarhum merupakan salah satu inisiator pembangunan Universitas Gunungkidul Yogyakarta (UGKY) pada 2001 silam. Pria ini meninggal dunia pada 2012 di usia 64 tahun akibat komplikasi penyakit diabetes.
Acara ziarah sejak pukul 10.00 WIB, berlangsung khidmat. Iringan doa dihantarkan segenap hadirin.

Sementara itu Bupati Gunungkidul Badingah, tidak banyak berkomentar. Orang nomor satu di pemerintahan Kabupaten Gunungkidul itu lebih banyak diam dan menghayati prosesi ziarah, dilanjutkan tabur bunga.

Ditambahkan Badingah, intinya dengan adanya ziarah ini sebagai bentuk menjaga silaturahmi.

"Selain itu ada doa yang kami kirimkan untuk almarhum dan kemajuan Gunungkidul," pungkasnya.

(Joko)

 


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE