• Rabu, 14 November 2018
  • LOGIN
Kathok Abang Festifal Tahunan, Melawan Investor

Kathok Abang Festifal Tahunan, Melawan Investor

TANJUNGSARI-Jumat Legi-infogunungkidul.com-Festifal Kathok Abang (Celana Merah) digelar oleh ratusan warga Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kamis, (10/05).Merupakan festifal tahunan, sebagai pengingat warga untuk menjaga kelesatarian pantai dan melawan investor yang masuk ke pantai watu kodok Desa Kemadang.

Dengan melakuan arak-arakan, berjalan kaki dari Balai Desa Kemadang menuju pantai Watu Kodok. Selanjutnya peserta dewasa menggelar upacara bendera mengenakan baju seragam Sekolah Dasar (SD) lengkap dengan atributnya seperti topi dan dasi.

Dikatakan oleh salah satu tokoh masyarakat Yahya Yusmadi, Festival ini digelar dalam rangka menghormati perjuangan warga melawan investor yang akan berniat menguasai Pantai .

"Festifal ini telah berlangsung sebanyak tiga kal," kata Yahya.

Dikisahkanya Di tahun 1970-an kawasan Pantai Watu kodok difungsikan sebagai pertanian, namun berjalannya waktu sejak tahun 2010 pariwisata mulai berkembang. Mulai saat itulah banyak investor melirik. Untuk itu jika ada isvestor yang masuk ke wilayah Pantai Watu Kodok, masyarakat akan kompak melawan.

Diharapkan dengan adanya festifal mampu menambah semangat masyarakat untuk terus berjuang mempertahankan wilayahnya sehingga menekan investor yang hendak masuk. Pada intinya warga menolak investor.

"Mereka yang sudah lama mengelola Pantai Watu Kodok memanfaatkan hasilnya untuk kesejahteraan warga sekitar," pungkasnya.

wp-ig


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE