• Jumat, 16 November 2018
  • LOGIN
Empat Kecamatan Diberikan Penyuluhan Pendataan Warisan Cagar Budaya

Empat Kecamatan Diberikan Penyuluhan Pendataan Warisan Cagar Budaya

NGLIPAR-Kamis Pahing-infogunungkidul.com-Empat kecamatan mendapatkan preogram sosialisasi warisan budaya dan cagar budaya dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul. Dengan tujuan mengangkat semua potensi warisan budaya, dan cagar budaya yang bersifat fisik, non fisik guna mendukung visi misi Kabupaten Gunungkidul.

*MASTER FEDORA*

Rajanya Ayam Geprek Kreatif-Inovatif Aneka menu Maak Nyuuss Sentuhan tangan handal Chef Nasional berpengalaman Internasional

Tersedia paket untuk acara: 

Pesta Sambel Bawang, Rapat, Reuni, Pesta pernikahan, Pesta Ulang Tahun, Arisan. 
Tempat nyaman free wifi, fasilitas parkir terluas di Gunungkidul. Harga terjangkau tidak takut kantong kempes.

TAKJIL GRATIS:

Bulan Puasa Buka 14.00-22.00.WIB
Jl. Wonosari-Panggang KM 24, Jetis Saptosari Gunungkidul. 

*HP. 087 780 043 215*

Dikatakan Kepala Bidang Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Agus Mantara menjelaskan, kegiatan ini dilakukan di seluruh Gunungkidul yang terbagi menjadi beberapa titik.

Agus Mantara: Tujuan Pendataan mengangkat semua potensi warisan budaya yang ada di Gunungkidul.

Untuk saat ini, lanjut Agus, titik pertama diadakannya sosialisasi di Desa Pengkol, Rabu, (16/05) yang diikuti 4 kecamatan, diantaranya Kecamatan Nglipar, Ngawen, Patuk, dan Gedangsari.

Pendataan bertujuan mengangkat semua potensi warisan budaya yang ada di Gunungkidul, baik yang berbentuk fisik maupun non fisik.
Untuk yang fisik seperti, bangunan limasan, joglo, menhir, candi, dan srbagainya. Kemudian warisan budaya yang non fisik adalah ilmu-ilmu warisan leluhur, seperti peninggalan cara membuat makanan, pagelaran wayang, ketoprak dan sebagainya.

Menurut Agus Mantara, dua kategori ini akan digali, dan pada saatnya akan dikembangkan untuk mendukung visi dan misi Bupati Gunungkidul, yaitu menjadikan Gunungkidul tujuan wisata yang berbudaya.

Selain itu, dengan pendataan yang diperoleh kedepanya, akan dicoba dipetakan, didorong, dikembangkan sesuai dengan kemajuan kebudayaan.

Salah satu yang harus digerakan adalah melindungi, memanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Gunungkidul. (jok)


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE