• Selasa, 18 September 2018
  • LOGIN
Pasar Ramai, Sembako Jadi Pantauan Disperindag dan Polisi

Pasar Ramai, Sembako Jadi Pantauan Disperindag dan Polisi

Pemeriksaan di pasar tradisional

WONOSARI-SENIN LEGI-infogunungkidul.com - Pasar tradisional yang dianggap ramai pengunjung, jadi sasaran pantauan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gunungkidul. Menyasar tiga pasar di tiga kecamatan dalam pemantauan harga barang pokok selama Ramadan. Polisi pun ikut memantau sembako.

Dikatakan Suryanto, Sekretaris Disperindag Gunungkidul, tiga kecamatan itu meliputi Wonosari, Playen, dan Semanu. Alasannya, pasar di tiga kecamatan tersebut cukup ramai menjadi tujuan utama belanja masyarakat.

"Kegiatan ini upaya mengontrol harga selama Ramadan terutama di tiga kecamatan itu," ujar Suryanto, Sabtu, (19/05). 

Selain itu, lanjutnya, agar masyarakat tetap bisa membeli barang pokok dengan harga murah, Disperindag Gunungkidul bersama Pemerintah Daerah DIY akan mengadakan pasar murah, melibatkan Dinas Koperasi DIY serta Bulog.

"Selain tiga kecamatan itu, kita akan berupaya mengontrol dari hulu hingga hilir terkait dengan distribusi barang untuk menekan kenaikan harga," pungkasnya.

Sementara itu guna mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok yang tidak wajar selama Ramadan dan Lebaran, Satuan Tugas (Satgas) Pangan Gunungkidul juga menggelar sosialisasi ke pedagang sampai pengawasan rutin. 

Seperti dikatakan Kepala Satgas Pangan Gunungkidul, AKP Riko Sanjaya, beberapa waktu yang lalu, pengawasan telah dimulai sejak awal Ramadan dengan sasaran para pedagang yang diduga menimbun barang kebutuhan pokok, sehingga dapat memicu lonjakan harga. Penimbunan barang merupakan kegiatan ilegal yang bisa diproses secara hukum. 

"Kalau sampai ada penimbunan barang sembako, akan ditindak tegas,” ujar Riko.

Ditambahkannya, beberapa waktu lalu pihaknya telah mendatangi beberapa tempat penyimpanan bahan pokok namun tidak ditemukan adanya tanda-tanda penimbunan (Jok)

MASTER FEDORA: Takjil Gratis, Bulan Puasa Buka 14.00-22.00.WIBJl. Wonosari-Panggang KM 24, Jetis Saptosari Gunungkidul. HP. 087780043215


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE