• Rabu, 18 Juli 2018
  • LOGIN
Ditemukan Lima Petilasan di Kecamatan Girisubo

Ditemukan Lima Petilasan di Kecamatan Girisubo

GIRISUBO-Minggu Pahing-infogunungkidul.com - Di Desa Tileng, Kecamatan Girisubo, ditemukan 5 petilasan. Hal tersebut diketahui setelah Tim Pendata Warisan Budaya Kecamatan melakukan penelusuran. Tim bergerak karena ditugasi oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul.

Pendataan warisan budaya dilakukan untuk mengetahui jumlah cagar budaya yang berupa petilasan, benda pusaka, rumah limasan yang berusia di atas 50 tahun.

Koordinator tim pendata warisan budaya Kecamatan Girisubo Kuswandi mengatakan, 13 orang melakukan penyisiran wilayah Desa Tileng.

Penyisiran dilakukan untuk mencari petilasan yang ada, dan masih dilestarikan oleh masyarakat setempat.

"Terdapat 5 lokasi di beberapa Padukuhan. Salah satu diantaranya petilasan Kyai Dondom, Nyai Dondom yang berada di Padukuhan Nanas," ujarnya.

Dia menambahkan, ditemukan petilasan lain yakni petilasan Bondan di Padukuhan Pugeran, Petilasan Mbah Bodo di Padukuhan Sawah serta petilasan Kyai Gusti Samber Nyowo dan Petilasan Damar Wulan di padukuhan Papringan.

"Kemungkinan masih banyak yang belum terdata. Kami akan lakukan observasi dan memintai keterangan ke masyarakat setempat terkait petilasan lainnya yang ada di wilayah Kecamatan Girisubo," imbuhnya.

Setelah semua petilasan terdata, terang dia, akan dilaporkan ke Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul. Data tersebut bakal ditindaklanjuti. Yang layak dipilih sebagai warisan cagar budaya untuk dilestarikan. (Fjr)

MASTER FEDORA: Takjil Gratis, Bulan Puasa Buka 14.00-22.00.WIB. Jl. Wonosari-Panggang KM 24, Jetis Saptosari Gunungkidul. HP. 087780043215


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE