• Minggu, 23 September 2018
  • LOGIN
Puncak Hari Jadi Gunungkidul, Tiga Pusaka Pemberian Kraton Dikirab

Puncak Hari Jadi Gunungkidul, Tiga Pusaka Pemberian Kraton Dikirab

Kirab pusaka pada puncak hari jadi Gunungkidul ke-187
(Foto: infogunungkidul.com/jk)

WONOSARI-Senin Pon-infogunungkidul.com - Puncak peringatan hari jadi Gunungkidul ke-187, tiga pusaka milik Gunungkidul pemberian Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dikirab. Tiga pusaka tersebut merupakan lambang tegaknya masyarakat dan pralambang budaya jawa.

Tiga pusaka ini berupa Songsong Agung Kyai Robyong, tombak Kyai Panjolo Panjul, dan Kyai Margo Salurung. Pusaka-pusaka tersebut selama ini tersimpan di gedong pusaka.

Dikirabnya 3 pusaka, merupakan salah satu perayaan puncak peringatan hari jadi ke-187 Kabupaten Gunungkidul, Minggu, (27/05) dipusatkan di Bangsal Sewoko Projo.

Setelah memutar di Bangsal Sewoko Projo, dengan iringan musik gamelan khas prajurit abdi dalem berbaris, tiga pusaka kembali ditempatkan di gedong pusaka.

Raja Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menjelaskan, dalam memperingati hari jadi Gunungkidul ke-187 yang diiringi kitabnya pusaka Dwi tunggal, merupakan lambang budaya jawa dan simbol pralambang jalan tegaknya warga masyarakat Gunungkidul.

Tiga pusaka merupakan pemberian dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu, lanjut Raja Jogjakarta, bermaksud bisa menyatukan semua tataran di Kabupaten Gunungkidul pada budaya jawa.

Selain itu, tiga pusaka tersebut mengandung makna perjuangan para leluhur yang mempunyai watak "sepuh, utuh dan tangguh", yang bisa menjadikan asah, asih dan asuh kepada semua masyarakat.

Sri Sultan HB X menambahkan, berdirinya Kabupaten Gunungkidul pada tahun 1831, berada di pegunungan seribu sebelah timur dari Sungai Opak. Juga berada disenbelah selatan Gunung berapi, semua merupakan lambang dalam bahasa sansekerta Dhaksinarga Bumi Karta, yang mempunyai julukan Karto Raharjo. (Jk)

MASTER FEDORA: Takjil Gratis, Bulan Puasa Buka 14.00-22.00.WIB. Jl. Wonosari-Panggang KM 24, Jetis Saptosari Gunungkidul. HP. 087780043215


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE