• Rabu, 19 September 2018
  • LOGIN
Pendidikan Gunungkidul Masih Menduduki Peringkat Terakhir

Pendidikan Gunungkidul Masih Menduduki Peringkat Terakhir

Sekdin Dikpora Kabupaten Gunungkidul, Drs Sulistiyono, M.Si
(Foto/video: infogunungkidul.com/jk)

WONOSARI-Selasa Wage-infogunungkidul.com-Dunia pendidikan di Gunungkidul masih dibilang memprihatinkan. Pasalnya setiap tahun hasil UN baik SMP maupun SMA/K masih menduduki peringkat terakhir se-DIY. Berbagai upaya telah dilakukan namun nampaknya belum membuahkan hasil, karena pengaruh berbagai faktor.

Diakui Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul Drs Sulistiyono, M.Si, Selasa (28/05), diruang kerjanya, bahwa semenjak dulu Gunungkidul belum bisa naik peringkat, masih menduduki urutan ke-5 se-DIY, baik tingkat SMP maupun SMA/SMK.

Padahal menurut dia, untuk meningkatkan mutu pendidikan, berbagai upaya telah dilakukan. Lewat kepala sekolah, guru-guru, bahkan dari APBD dianggarkan khusus untuk membiayai tri out tiap tahun. Sistem pembelajaran, sarana prasarananya pun sama dengan pendidikan yang diterapkan di kabupaten/kota yang lain.

Namun nampaknya, lanjut Sulistiyono, usaha yang telah dilakukan belum membuahkan hasil, dimungkinkan ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Faktor ekonomi, lingkungan, pengawasan orangtua, dan minat baca siswa menurutnya berpengaruh besar terhadap peserta anak didik.

Kalau di kota,  Sulistiyono membandingkan, karena faktor ekonominya ada, siswa sepulang sekolah masih mengikuti pembelajaran yang lain seperti mengikuti les. Berbeda dengan siswa pinggiran, setelah lepas sekolah tidak ada kesibukan untuk mempersiapkan mata pelajaran berikutnya.

Selain itu, sambungnya, kurangnya pengawasan orang tua, menyebabkan anak didik hanya seenaknya dalam melakukan belajar. Karena masih banyak di Gunungkidul ini anak yang dititipkan kepada neneknya, lantaran orangtuanya bekerja di kota. Hal ini berpengaruh terhadap kurangnya pengawasan terhadap anak.

Ia berharap untuk meningkatkan mutu pendidikan di Gunungkidul, sehinga walaupun berada di peringkat 5, namun harapanya jarak peringkat supaya tidak terlalu jauh. (Jk)

MASTER FEDORA: Takjil Gratis, Bulan Puasa Buka 14.00-22.00.WIB. Jl. Wonosari-Panggang KM 24, Jetis Saptosari Gunungkidul. HP. 087780043215

 


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE