• Minggu, 18 November 2018
  • LOGIN
Pendaftaran Caleg Segera Dibuka Peserta Wajib Isi Silon

Pendaftaran Caleg Segera Dibuka Peserta Wajib Isi Silon

(ist)

WONOSARI-Rabu Kliwon-infogunungkidul.com-Pendaftaram calon legislatif (Caleg) pada pemilu 2019 segera akan dibuka. Selain harus memenuhi persyaratan yang sudah dibakukan, bakal calon legislatif juga diwajibkan mengisi sistem informasi calon (silon).

Dijelaskan Ketua KPUD Kabupaten Gunungkidul M. Zaenuri Ikhsan, Rabu (30/05), pendaftaran akan dibuka mulai tanggal (04/07) sampai (18/07/2018).

Peserta harus memenuhi beberapa kriteria dan persyaratan diantaranya umurnya harus diatas 21 tahun, bebas narkoba, tidak aktif sebagai PNS, dan sebagainya.

Selain itu ada kuota khusus untuk caleg perempuan yang harus dipenuhi oleh partai politik yang mengikuti pemilu tahun 2019.

Karena menurut Zaenuri, sejak pemilu 2014, sudah diwajibkan minimal 30% caleg perempuan.

"Jadi setiap 3 calon legislatif, satunya adalah perempuan," jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, calon legislatif juga wajib mengisi Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Silon adalah aplikasi bagi calon legislator.

"Silon ini wajib diisi bakal calon legislator, baik di tingkat DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, jika mau menjadi peserta Pemilu 2019," tegasnya.

Dijelaskan, syarat wajib pendaftaran bakal calon legislator adalah tanda tangan ketua dan sekretaris partai untuk setiap tingkatan, dan dokumen administrasi lainnya. Batas pengisian Silon bisa dilakukan 30 hari sebelum pendaftaran ditutup.

Diharapkannya penerapan silon ini, dapat membangun kepercayaan publik terhadap pemilu. Alasannya, masyarakat bisa melihat langsung biodata dan rekam jejak peserta pemilu tahun depan.

"Dari profil keluarga, pendidikan sampai organisasi akan ada di Silon," pungkasnya.(Jk)

MASTER FEDORA: Takjil Gratis, Bulan Puasa Buka 14.00-22.00.WIB. Jl. Wonosari-Panggang KM 24, Jetis Saptosari Gunungkidul. HP. 087780043215


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE