• Kamis, 19 Juli 2018
  • LOGIN
Kades Minta Bupati Memberikan THR Untuk Perangkat Desa

Kades Minta Bupati Memberikan THR Untuk Perangkat Desa

Kepada Bupati Gunungkidul, Ketua Semar, Bambang Setiawan menyerahkan hasil Musda Kepala Desa se-Kabupaten Gunungkidul

WONOSARI-Sabtu Pon-INFOGUNUNGKIDUL.com - Tindak lanjut Musda Kepala Desa se-Kabupaten Gunungkidul beberapa waktu lalu, akhirnya puluhan perwakilan Kepala Desa beraudensi dengan Bupati diruang rapat Bupati Gunungkidul, menyampaikan beberapa tuntutan hasil musda, Kamis (31/05). Termasuk tuntutan supaya perangkat desa diberikan Tunjangan Hari Raya (THR).

Ketua Paguyuban Semar Gunungkidul Bambang Setiawan mengatakan, kedatangannya kali ini bukan suatu hal yang tidak direncanakan, sebab rencana auidensi dengan Bupati merupakan penyampaian hasil Musda yang telah digelar sebelumnya. Pihaknya mengemban amanat untuk menyampaikan hasil Musda ini kepada Bupati Gunungkidul, agar bisa ditindaklanjuti.Terrmasuk menuntut adanya pemberian (THR) dari Pemkab Gunungkidul kepada kepala desa beserta perangkatnya. 

Karena menurut Bambang, perihal pemberian THR kepada jajaran pemerintahan desa daerah lain sudah banyak dilakukan. Sedangkan di Gunungkidul sendiri hingga saat ini belum diterapkan.

"oleh karena itu pemberian THR perlu dipertimbangkan Pemkab Gunungkidul sebagai bentuk perhatian kepada pemerintah desa yang notabene merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah di tingkat terbawah," ujarnya, Jumat, (01/06). 

Selain untuk tahun ini bisa diberikan THR, kedepan meminta kesediaan Bupati agar  bisa membuat payung hukum yang jelas terkait pemberian THR kepada Kepala Desa dan perangkatnya.

Mengenai jumlah nominal dari THR tersebut, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Pemkab Gunungkidul.

“Masalah besarannya silahkan, karena kita sadar pemberian THR juga harus melihat kemampuan keuangan daerah," masih jelas Bambang.

Kedatangan para Kepala Desa juga mengajukan beberapa tuntutan yang lain. Diantaranya berupa permintaan pendampingan advokasi terhadap para Kepala Desa serta Perangkat Desa dalam perencanaan dan pendampingan pasca pelaksanaan proyek pembangunan. Kemudian mengenai tuntutan peningkatan kesejahteraan Kepala Desa dan perangkatnya yang selama ini seringkali terabaikan.

“Saya kira tiga hal pokok permintaan dari para Kepala Desa dan perangkat yang kita sampaikan kepada Bupati,” pungkasnya.

Menanggapi tuntutan ini, Bupati Gunungkidul, Hj Badingah, S.Sos menegaskan, pihaknya akan segera memproses tuntutan dari para Kepala Desa tersebut. Meski demikian, untuk penerbitan Perbup sendiri tentunya harus perlu berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. 

"Jika nantinya Perbup sudah diselesaikan, diharapkan langsung bisa ditindaklanjuti dengan penerbitan Peraturan Desa," ucapnya. (Jk)

 


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE