• Selasa, 18 September 2018
  • LOGIN
Pekerja atau Buruh sudah Bekerja Minimal 1 Bulan Berhak Menerima THR

Pekerja atau Buruh sudah Bekerja Minimal 1 Bulan Berhak Menerima THR

Joko Edy Wardoyo, SH (Foto: INFOGUNUNGKIDUL.com/jk)

WONOSARI-Minggu Wage-INFOGUNUNGKIDUL.com - Berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Manakertran) RI, No. 2 tahun 2018, diperkuat SE Bupati Gunungkidul No. 03/2312, tentang Pembayaran THR Keagamaan, bagi pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja 1 bulan secara terus menerus atau lebih berhak menerima THR Keagamaan.

Joko Edy Wardoyo, SH, Kepala Seksi Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (02/06), menjelaskan, pembayaran THR bagi pekerja yang bekerja kurang dari satu tahun termasuk hanya bekerja satu bulan, diberikan secara proporsional sesuai dengan perhitungan. "Masa kerja, dibagi 12 dikali satu bulan upah," ketemu besaran THR yang harus diberikan kepada pekerja/buruh," jelasnya.

Menurutnya, pengusaha juga berkewajiban memberikan THR kepada pekerja dengan berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu dan perjanjian kerja waktu tertentu. "Pekerja berdasarkan perjanjian harian lepas, juga berhak menerima THR," tegasnya.

Perhitungannya, dijelaskan Joko Edy, pekerja yang sudah mempunyai masa kerja 12 bulan atau lebih, upah perbulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima dalam 12 bulan terakhir. Bagi pekerja yang bekerja kurang dari 12 bulan, upah satu bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima tiap bulan selama masa kerja.

Kalau yang normatif, tambah dia, pekerja yang sudah bekerja salama satu tahun atau lebih, berdasarkan peraturan, berhak menerima THR satu bulan upah. "Pemberian THR ini diberikan dalam satu tahun hanya sekali diberikan," pungkasnya. (Jk)


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE