• Rabu, 19 September 2018
  • LOGIN
Kaum Disabilitas Minta Pemerintah Berikan Fasilitas yang Memadai

Kaum Disabilitas Minta Pemerintah Berikan Fasilitas yang Memadai

WONOSARI-Minggu Legi-INFOGUNUNGKIDUL.com - Dikarenakan mempunyai hak yang sama dengan masyarakat yang lainya, kaum disabilitas meminta, pemerintah memberikan fasilitas yang memadahi sesuai kebutuhan masing-masing kaum disable. 

Hal ini diungkapkan Nuning Suryatiningsih, Direktur LSM CIQAL (Center for Improving Qualified Activity in Life of person with disabilities), dalam acara workshop inklusi dan disabilitas dalam perspektif jurnalisme, di Kampung Tani Resto, Sabtu, (09/06).

Dituturkan, mereka (kaum disabilitas) sama seperti warga masyarakat lain, hanya karena mempunyai keterbatasan fisik. Oleh karena itu pemerintah seharusnya juga memberikan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan kaum disabilitas.

Seperti jalan yang mustinya diberikan kepada teman-teman yang menggunakan kursi roda, untuk yang tuli karena tidak bisa bicara, berikan pengumuman dengan running tax, untuk yang tuna netra karena tidak bisa melihat dan hanya mengadalkan suara, maka bisa diberikan informasi dengan suara dan sebagainya. Fasilitas ini seharusnya diberikan oleh pemerintah sesuai dengan kebutuhan masing-masing penyandang disabilitas.

Diakuinya, sudah ada perhatian dari pemerintah, namun masih minin, belum sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Menurutnya, Gunungkidul menduduki rangking pertama se-DIY terkait kaum penyandang disabilitas. Sekitar 10 ribu lebih penyandang disabilitas, tertinggi dibanding daerah, Sleman, Kulonprogo, Bantul, dan Kota Yogyakarta.

Ia menambahkan, disabilitas bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja, dimana saja, dengan cara apa saja. Penyebabnya bisa karena penyakit, faktor genetik, bencana alam, dan karena kelalaiannya manusia. "Disabilitas sebagai bagian universal dan tidak terhindarkan dari keberagaman manusia," pungkasnya. (Jk)


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE