• Senin, 10 Desember 2018
  • LOGIN
Warga Mulo Keracunan Makanan Setelah Santap Takjil

Warga Mulo Keracunan Makanan Setelah Santap Takjil

Ilustrasi Keracunan (ist)

WONOSARI-Minggu Legi-INFOGUNUNGKIDUL.com - Sejumlah warga Padukuhan Karangasem, Desa Mulo, Kecamatan Wonosari Sabtu malam (10/06) harus dilarikan ke rumah sakit, lantaran mengalami keracunan setelah menyantap makanan takjil di Masjid Nurjanah Padukuhan Karangasem, RT 04/09, Desa Mulo, Kecamatan Wonosari. Satu orang mendapatkan opservasi khusus, satu orang lainya harus rawat inap di Klinik Multazam.

Menurut keterangan salah satu warga yang tidak mau menyebut namanya, Kejadianan keracunan massal bermula ketika warga mendapatkan makanan takjil nasi telur dan minuman dawet merah yang dibagikan Masjid pada Jumat (08/06) petang. Mulanya seusai menyantap makanan tersebut, warga tak merasakan apapun. Kemudian pada keesokan harinyalah warga mulai merasakan pusing, dan mual yang tak kunjung sembuh. Akhirnya pada Sabtu malam, (09/06) sejumlah warga dilarikan ke Klinik Multazam, Desa Duwet, Kecamatan Wonosari.

Dokter di Klinik Multazam, dr. Iip Wibawa membenarkan adanya pasien keracunan massal yang masuk ke klinik Multazam. "Dari hasil pemeriksaan tim medis, para pasien tersebut didiagnosa menderita GEA Gastroen Teritis Akut (diare) serta fomitus (mual dan muntah)," ujar Iip, Minggu, (10/06)

Setelah mendapatkan perawatan, lanjutnya, sebanyak 9 pasien diperbolehkan pulang, 1 orang mendapatkan observasi khusus, serta 1 lainnya harus menjalani rawat inap. Menurut pengakuanya semua memang menyantap hidangan takjil.

Menurut dia, bahwa pasien bisa lebih dari 9 orang, karena sampai minggu pagi tadi masih ada warga yang datang ke klinik untuk memeriksakan diri atas keluhan yang sama.

Diperoleh informasi, bahwa selain masuk ke klinik Multazam, banyak warga yang dilarikan ke Klinik Mulo, PKU Muhammadiyah, klinik dr Budi Jeruksari, maupun yang lainnya.

Diperkiraan jumlah korban sendiri bisa tambah banyak karena selain dibagikan di Masjid Nurjanah Karangasem, makanan takjil juga dibagikan di 2 Masjid lainnya di Padukuhan Karangasem yaitu Masjid Darussalam, serta Masjid Dusun Karangasem. (Jk)


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE