• Minggu, 21 Oktober 2018
  • LOGIN
Beberapa Aksi Tim SAR, Upaya Meminimalisir Laka di Jalur Pantai

Beberapa Aksi Tim SAR, Upaya Meminimalisir Laka di Jalur Pantai

 Aksi tim SAR memasang pengaman di jalur menuju pantai

GIRISUBO-Rabu Wage-INFOGUNUNGKIDUL.com-Kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi di jalan menuju Pantai Wediombo Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, sejak tahun 2010 hingga saat ini, pada setiap jelang liburan lebaran atau hari-hari besar lainnya, mengerakan tim Search And Rescue (SAR) untuk melakukan aksi meminimalisir terjadinya kecelakaan yang lebih parah, dengan memasang kotoran gergaji yang dimasukan kedalam karung dipasang disepanjang jalan yang dianggap rawan, Rabu (13/6).

"Kami coba menaruh kotoran gergaji (grajen) yang di masukan kedalam karung dan kami tata di tepian jalan untuk menutupi bebatuan disekitar pinggir jalan menikung menuju kawasan pantai," jelas koordinator SAR Wilayah Operasi 1 Sunu Handoko Bayu Sagara.

Baca juga: Antisipasi Kecelakaan karena Tumpahan Oli, Dishub Siapkan Pasir dan Sekam

Harapanya mampu meminimalisir terjadinya kecelakaan dikawasan tersebut. Dengan adanya pelindung disisi jalan tersebut maka jika terjadi laka korban tidak mengenai batu yang ada di pinggir jalan, sehingga tidak mengalami benturan yang mengakibatkan korban luka parah.

Ditambahkan Handoko, meski sebenarnya itu bukan tugas dan tanggung jawab pihak SAR, namun pihaknya sadar itu tanggung jawab bersama sebagai sesama manusia. Sejauh ini, cara yang ditempuh dianggap cukup berhasil untuk meminimalisir korban kecelakan.

Baca juga: Manajemen Rekayasa Lalin, Upaya Kurangi Kemacetan Lebaran 2018

Dapat diketahui, lanjut Handoko,  bahwa lintasan menuju Pantai Wediombo memang cukup sulit dengan medan menurun, dan menikung. Jalan tersebut terlihat sekilas tidak terlalu berbahaya namun sering menjebak pengendara yang belum hafal medan. Sering pengendara melintasi jalan tersebut dengan kecepatan tinggi, meski sudah banyak rambu-rambu bahaya terpasang disekitar lokasi tersebut.

"Akhirnya, dengan sikap para pengendara yang ugal-ugalan, banyak diantara mereka yang kehabisan jalan, sehingga mengalami kecelakaan," pungkasnya. Para wisatawan lokal maupun luar, dihimbau untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, serta mematuhi rambu-rambu yang ada. (wp)


BACA JUGA