• Rabu, 19 September 2018
  • LOGIN
Wisatawan Sepi, Dispar Yakin Target Tercapai

Wisatawan Sepi, Dispar Yakin Target Tercapai

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono
(Foto: INFOGUNUNGKIDUL.com/jk)

KARANGMOJOINFOGUNUNGKIDUL.com, (Minggu Pon)-Pantauan lapangan memasuki H+3 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul terbilang sepi dibanding tahun yang lalu pada hari yang sama. Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono yakin target 300 ribu pengunjung dalam libur lebaran akan tercapai.

Baca juga: Wisatawan Pantai Selatan Diminta Waspadai Gelombang Tinggi

Sepinya pengunjung salah satunya terpantau di obyek wisata Goa Pindul, Bejiharjo, Karangmojo. Memasuki H+3 yang biasa wisatawan membludak, kini masih sepi, seperti hari-hari libur biasa.

Dikatakan Subagyo Ketua Pokdarwis Dewa Bejo, sepinya pengunjung dirasakan sejak awal puasa kemarin hingga saat ini. "Mulai H+1 memang sudah mulai ada pengunjung, sedikit demi sedikit sampai H+3 bertambah, namun dibanding tahun kemarin, masih dibilang sepi," ujar Subagyo, Minggu, (17/06). Menurut dia, penurunannya sangat drastis, namun belum bisa memberikan berapa persentase penurunannya.

Baca juga: H+1 Lebaran, Lalu Lintas Menuju Tempat Wisata Tergolong Lancar

Sepinya pengunjung juga dirasakan para pedagang yang berjualan disekitar obyek wisata pindul. Penjual makanan maupun dagangan yang lain. Seperti yang dialami Viki Aritia (27) penjual makanan ringan dan pakaian.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, dari pengecekan yang dilakukan di pos-pos retribusi destinasi wisata Gunungkidul, H+1 ada 9000 wisatawan, H+2 melonjak 39.000 dan diharapkan H+3 ini bisa naik lagi mimimal diatas 40.000 wisatawan.

Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul telah siap menyambut wisatawan. Pihaknya menargetkan 300 ribu wisatawan akan menyumbang Pendapatan Asli Daerah atau PAD sebesar Rp 2,6 Miliar.

Guna mendukung target kunjungan tersebut Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul telah berkordinasi dengan dinas terkait Dengan upaya-upaya yang dilakukan untuk memberikan kenyamanan, keamanan dan kepercayaan wisatawan.

"Kita optimis target yang kita tetapkan akan tercapai. Hal ini tentu saja dengan semangat dan kerja sama dari berbagai pihak tidak hanya dinas pariwisata saja," ungkapnya (17/06). Pihaknya terus berupaya mencegah kebocoran retribusi wisata. Hal ini dilakukan dengan memaksimalkan petugas Dinas Pariwisata. (Jk)


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE