• Rabu, 19 September 2018
  • LOGIN
Pengunggah Foto Asusila, Terancam Penjara Enam Tahun

Pengunggah Foto Asusila, Terancam Penjara Enam Tahun

WONOSARI, INFOGUNUNGKIDUL.com, (Jumat Pon)-SD (24) pemuda asal Paliyan, harus berurusan dengan polisi lantaran nekat memposting foto tidak senonoh di media sosial. Atas perbuatannya, pelaku ditangkap anggota Unit Reskrim Polres Gunungkidul, di daerah Parangtritis, Bantul, pada Rabu, (13/6), silam.

Kasat Reskrim Polres Gunungkidul AKP Riko Sanjaya menyampaikan, pelaku nekat memposting foto Yat (31) warga Purwosari karena kecewa cintanya ditolak.

"Mereka berkenalan lewat media sosial facebook. Saking akrabnya mereka sempat videocall dengan keadaan korban membuka baju yang kemudian oleh pelaku di screenshot," terang AKP Riko.

Baca juga: Batalkan Kesepakatan Balapan Motor Seorang Pemuda Dikeroyok Hingga Babak Belur

Berbekal hasil screenshot, pelaku mengajak korban untuk ketemuan dan mengajak melakukan sesuatu. Pelaku mengancam korban. kalau tidak mau menuruti kemauannya akan menyebarkan poto screenshot.

"Korban menolak, kemudian pelaku nekat memposting poto screenshotan tersebut ke Facebook," jelasnya.

Korban tidak terima. Dia melaporkan kejadian tersebut ke Polres Gunungkidul atas dugaan penyebaran dokumen elektronik bermuatan asusila.

Baca juga: Membabi Buta Karena Api Cemburu Warga Kepek Dibekuk Polisi

"Menurut pengakuan pelaku sudah memposting kurang lebih 20 poto screenshot koleksinya," tambahnya.

Atas perbuatannya, pelaku disangkakan pasal 27 (1) jo 45 (1) UURI nomor 19 th 2016 tentang ITE dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara. (wp)


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE