• Kamis, 15 November 2018
  • LOGIN
Mengatasi Kekeringan Gunungkidul, Bupati Diminta Mengajukan Bantuan ke Provinsi

Mengatasi Kekeringan Gunungkidul, Bupati Diminta Mengajukan Bantuan ke Provinsi

Bupati Gunungkidul usai melakukan syawalan dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, Kamis (28/06). (Foto: INFOGUNUNGKIDUL/jk)

WONOSARI, INFOGUNUNGKIDUL.com, (Sabtu Legi)-Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), di Gunungkidul, terdapat 54 desa, tersebar di 11 kecamatan dengan jumlah jiwa 96.523 terkena dampak kekeringn. Hal seperti ini selalu berulang setiap tahun. Bupati diminta segera mengajukan proposal ke Propinsi.

Untuk mensuplai air wilayah kekeringan, Gubernur DIY Sri Sultan HB X meminta, agar Bupati segera mengajukan proposal ke Propinsi.

Baca juga:
Gubernur DIY: Dana Keistimewaan Juga Untuk Pilot Project Pemberdayaan

Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos ketika dikonfirmasi, usai syawalan dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY di Bangsal Sewoko Projo mengatakan, pihaknya akan segera menindklanuti saran Gubernur.

Sebenarnya menurut Badingah, debit air sugai bawah tanah yang ke Boron masih cukup banyak. Sementara baru digunakan 100 liter/detik, padahal debit air itu diperkirakan 900-1000 liter/detik.

(Video: INFOGUNUNGKIDUL/jk)

Baca juga:
PPK dan Panwascam Wonosari Syawalan, Diminta Japri

Permasalahan utama, lanjut Badingah, Pemerintah Kabupaten tidak mampu mengakatnya. Biaya untuk membeli peralatan cukup tinggi. Beruntung, Gubernur DIY berjanji, mengawal proposal ke pusat.

Solusi lain, desa yang mempunyai sumber air Badingah bersedia memfasilitasi dalam mengangkatnya. Saat ini Pemerintah Kabupaten Gunungkidul tetap menganggarkan droping air dengan tangki. (Jk)


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE