• Selasa, 25 September 2018
  • LOGIN
Oknum Perangkat Desa Berbuat Asusila, Kades Menganggap Lumrah

Oknum Perangkat Desa Berbuat Asusila, Kades Menganggap Lumrah

GEDANGSARI, INFOGUNUNGKIDUL.com, (Sabtu Legi)-Kasus tindak asusila yang dilakukan Kepala Dusun Nglengkong, Desa Serut, Kecamatan Gedangsari, SGT (42) yang tega menghamili STW, seorang wanita lajang (22), dianggap hal yang lumrah. Walaupun kasus asusila tersebut dilakukan pelaku hingga korban berbadan dua, Namun tidak ada sanksi dari Kepala Desa Serut, sehingga terkesan dibiarkan.

SGT dianggap mencemarkan nama baik desa atau daerah, melanggar Perbub No 17 tahun 2014 tentang disiplin perangkat desa, bab II, pasal 2, dan 3.

Baca juga:
Kadus Hamili Perawan, Kades Serut Kebingungan

Selain itu, SGT dianggap tidak menjunjung tinggi kehormatan desa, maupun daerah, dan martabat perangkat desa.

Camat Gedangsari M. Imam Santoso, S.IP, ketika dimintai tanggapanya mengenai kasus ini mengatakan, bahwa ranahnya ditangan Kepala Desa Serut. Karena berdasarkan peraturan, perangkat desa diangkat dan dilantik oleh kepala desa.

Masalah sanksi, lanjutnya, tergantung kepala Desa Serut, kalau dianggap perangkat desa melanggar aturan disiplin, perangkat desa harus diberikan sanksi disiplin.

Namun ternyata saran Camat Gedangsari tersebut tidak dianggap oleh Kepala Desa Serut. Seakan Kepala Desa Serut Suyono melakukan pembiaran bahkan menutupi kasus yang dilakukan perangkatnya.

Baca juga:
Perangkat Desa Melanggar Aturan Harus Diberi Sanksi

Suyono, Kepala Desa Serut ketika dikonfirmasi mengakui kalau perangkatnya yang melakukan tindakan asusila belum diberikan sanksi. Alasannya karena belum ada teguran dari atasanya.

"Pak camat saja diam saja kok, mau saya ada teguran, sehingga saya memberikan sanksi itu kuat," ucapnya dalam minggu-minggu ini.

Seperti pemberitaan sebelumnya, Suyono berjanji akan mengumpulkan perangkat desa, BPD dan tokoh masyarakat, untuk membahas sanksi SGT, namun kenyataannya sampai saat ini kasusnya dipetikemaskan, dianggap hal biasa saja (lumrah). (JK)


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE