• Senin, 10 Desember 2018
  • LOGIN
Jam Pelayanan Disdukcapil Gunungkidul Full Time

Jam Pelayanan Disdukcapil Gunungkidul Full Time

WONOSARI, INFOGUNUNGKIDUL.com, (Rabu Kliwon)-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul, menghapuskan jam penutupan antrean. Buka tutup antrean ditiadakan mulai Senin (02/07), Pelayanan saat ini berlangsung full jam kerja.

LIVE MUSIK NUSANTARA JOGJA BAND
Tembang Koes Plus/Koes Bersaudara
5 Juli 2018, pukul 18.30. s.d 22.00. WIB.
MASTER FEDORA CHICKEN
Request: Tembang Kenangan, Campursari, Barat, Komplit...Jl.Wonosari-Panggang KM 24, Jetis Saptosari Gunungkidul. HP. 087 780 043 215

DIKATAKAN Kepala Disdukcapil Gunungkidul Eko Subiyantoro, bahwa selama ini antrean mulai ditutup sejak pukul 10.00 WIB dan dibuka kembali pada pukul 13.00 WIB. Jam seperti itu dirasa kurang efektif, lantaran banyak masyarakat yang justru datang, hingga harus menunggu. Akibatnya saat antrean mulai dibuka kembali pukul 12.45 WIB, mereka berebut ambil antrian. "Setelah dilakukan evaluasi, diperoleh data bahwa banyak masyarakat yang datang saat jam istirahat, sehingga hal tersebut terkadang membuat waktu mengantri semakin lama," jelas Eko, Selasa, (3/7).

Untuk itu, Pelayanan saat ini dilakukan tanpa jeda dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB. Kebijakan diambil demi kenyamanan pelayanan, juga mengacu pada ketentuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk meniadakan waktu istirahat.

Baca juga:
Gubernur DIY: Dana Keistimewaan Juga Untuk Pilot Project Pemberdayaan

Menurut Eko, minimnya jumlah petugas menjadi kendala pelayanan, dari 17 petugas khusus pelayanan telah terbagi dengan karyawan dan staf. "Bahkan kalau ada yang sakit atau cuti kami kesulitan mencari pengganti," tambahnya.

Menyiasati hal tersebut, lanjut Eko, sistem kerja yang diberlakukan dengan pembagian shift. Petugas pelayanan tetap akan memiliki waktu istirahat selama satu jam. "Jadi yang bertugas di jam 8 sampai 10 nanti akan gantian untuk istirahat dari jam 10 sampai 11. Lalu berturut-turut sampai layanan ditutup pukul 15.00 WIB," tandasnya.

Baca juga:
Mengatasi Kekeringan Gunungkidul, Bupati Diminta Mengajukan Bantuan ke Provinsi

Eko memastikan, dengan kebijakan baru tersebut jajarannya telah siap melayani masyarakat secara maksimal. Diharapkan, perubahan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik, dan tidak ada keluhan dalam pengurus administrasi kependudukan. (wp)


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE