• Senin, 20 November 2017
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM D919C28D/ DAEC06F2/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Berita Terbaru
Cara Bermartabat Menekan Angka Urbanisasi

Cara Bermartabat Menekan Angka Urbanisasi

Infogunungkidul, NGLIPAR, Selasa Kliwon - Upah Minimum Regional (UMR) Daerah Khusus Ibokota (DKI) Jakarta adalah tertinggi di Indonesia. Merupkan salah satu pemicu, warga desa berbondong-bondong berurbanisasi ke DKI. Pemerintah mengucurkan dana desa, secara bertahap diharapkan dapat menekan angka urbanisasi.

“DKI adalah segala-galanya bagi  kaum urban. Tetapi  datang ke Jakarta tidak punya modal ketrampilan dampaknya akan menyulitkan diri sendiri dan pemerintah,” ulas Slamet S.Pd. MM, nggota DPRD DIY. 4/7/17.

Politisi Golkar ini berpandangan, salah satu upaya Pemerintah untuk menekan urbanisasi adalah dengan memberikan dana cukup besar kepada desa. Tujuan jangka pendek, agar desa bisa menciptakan lapangan kerja. Kongkritnya, para pemuda desa agar bertahan dan  bekerja di kampung halaman.

Namun, kata Slamet, aliran dana yang begitu besar akan sia-sia jika desa tidak mampu memilih dan menetapkan prioritas pembangunan.

“Mestinya, desa fokus pada pembangunan berbasis pertanian. Industrialisasi yang dikembangkan  adalah yang mendukung dan memperkuat pertanian,” tandas Slamet.

Badan usaha milik desa (BUMDes) yang diamanatkan Undang-Undang Desa hendaknya ditangkap sebagai peluang untuk menciptakan lapangan kerja.

BUMDes menurutnya, harus lebih banyak  berurusan dengan pengelolaan dan pemasaran hasil-hasil pertanian.

Pembangunan desa membutuhkan kreativitas dan inovasi. Disayangkan, tenaga yang kreatif dan inovatif masih langka.

“Pemerintah dalam hal ini mencoba menempatkan tenaga pendamping desa kategori profesional. Pertimbangan profesionalitas patut diberi garis, agar akselerasi pembangunan desa berproses lebih cepat,” kata dia.

Membangun desa pada hakikatnya adalah membangun Indonesia. Hanya itu cara bermartabat untuk menekan laju migrasi penduduk desa ke kota.

Slamet berteori, manaka desa  makmur, urbanisasi tidak lagi menjadi momok di setiap terjadi arus balik lebaran. Namun jika desa tetap stagnan maka generasi muda desa tersebut niscaya terus berbondong bondong ke ibukota. Reporter: W. Joko Narendro

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE 

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari

Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. Dapatkan Kalender Cantik......segera & terbatas!!! Ayo ke Ahass 693....Program guru servis lengkap discount 50% dengan membawa copy kartu guru berlaku mulai tgl 21 November s.d 5 Desember. Bengkel Ahass tunggal tidak buka cabang di Wonosari!!!

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy.

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE