• Minggu, 19 November 2017
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM D919C28D/ DAEC06F2/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Berita Terbaru
Watu Gajah, Batu Keren di Botodayaan

Watu Gajah, Batu Keren di Botodayaan

Infogunungkidul, RONGKOP, Sabtu WagePadukuhan Cabe,  Desa Botodayaan, Kecamatan Rongkop memiliki tiga bebatuan unik: Watu Gajah (Batu Gajah), Watu Sapi (Batu Sapi) dan Watu Kodok (Batu Katak). Dari ketiga bebatuan tersebut yang memiliki cerita keren adalah Watu Gajah.

Diberi nama unik karena batu tersebut mempunyai bentuk mirip gajah,  sapi dan katak. Lokasi ketiga batu ada di selatan Padukuhan Cabe, berjarak 3 km dari Desa Botodayaan ± 7 km dari Kota Kecamatan Rongkop serta ± 33 km dari kota Wonosari ibukota Kabupaten Gunungkidul. Posisi tepatnya berada di salah satu ladang milik penduduk. 

“Watu Gajah menyimpan legenda  mirip dengan cerita Roro Jonggrang di candi Prambanan,” tulis pengelola SID Desa Botodayaan ( http://botodayaan-rongkop.desa.id/index.php/first )

Konon,   Roro Denok dipersunting Joko Tua, tetapi  menolak halus.  Roro Denok pura-pura menyetujui pinangan dengan syarat Joko Tua harus mampu membuat patung gajah, beserta isi berupa aneka perhiasan dalam waktu semalam.

Joko tua tidak menolak persyaratan tersebut. Dengan bantuan jin permintaan Roro Denok dapat selesai dalam waktu  semalam. Pada legenda itu diceriterakan, Roro Denok ingkar, menyebabkan Joko Tua marah.

Patung gajah yang berisi perhiasan  ditendang, hingga terbalik. Joko Tua mengeluarkan sumpah serapah. Roro Denok dan anak turunnya bakal menjadi perawan tua. 

Watu Gajah dewasa ini dinilai memiliki potensi wisata dengan spesifikasi alam pegunungan dan pemandangan khas bebatuan Gunungkidul.

Wisatawan yang hendak menuju Pantai Wediombo, Siung, Sadeng serta pantai lain di Gunungkidul ketika melintasi Desa Botodayaan, bisa singgah sejenak untuk melihat Watu Gajah. 

Penulis: Agus SW

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE 

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari

Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. Dapatkan Kalender Cantik......segera & terbatas!!! Ayo ke Ahass 693....Program guru servis lengkap discount 50% dengan membawa copy kartu guru berlaku mulai tgl 21 November s.d 5 Desember. Bengkel Ahass tunggal tidak buka cabang di Wonosari!!!

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy.

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE