• Sabtu, 20 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Grebeg Ngenep Cerita Lisan Patut Dilacak Kebenarannya

Grebeg Ngenep Cerita Lisan Patut Dilacak Kebenarannya

Infogunungkidul, SEMANU, Kamis Wage - Desa Ngenep, Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul, posisi persisnya berada di  tenggara kota Wonosari. Jarak dari ibukota kabupaten kurang lebih 15 kilometer. Disarikan dari Gegeg.net,  sebagaimana diceritakan Febri Ridwan, pemuda setempat, Desa Ngenep memiliki keterkaitan dengan Kasunanan Surakarta. Karena hubungan itu, setahun sekali, Desa Ngenep melaksanakan upacara grebeg. Ini cerita  lisan, sumber referensinya belum terlacak.

Desa yang sebagian besar penduduknya hidup  bercocok tanam, terbagi menjadi enam wilayah pedusunan yakni: Sembuku, Mojo, Pomahan, Kauman, Nogosari, dan Karang Tengah.

Penduduk Ngenep percaya, hasil pertanian berkaitan langung dengan kekuatan supranatural yang terintegrasi dalam upacara adat Grebeg Ngenep.

Dari berbagai cerita, upacara Grebeg Ngenep mempunyai hubungan sejarah dengan upacara Grebeg yang dilakukan Kraton Kartasura.

Istilah grebeg, sebenarnya  menunjukkan bahwa upacara tersebut berasal dari kraton. Hanya saja karena upacara adat ini di desa Dadapayu dan dilaksanakan di Dusun Ngenep, maka sebutannya dikenal dengan upacara Grebeg Ngenep.

“Grebeg Ngenep berawal dari kisah Ki Mentotruno yang konon berhasil mengatasi banjir sungai Kedung Lumbu di Kraton Kartasura,” tulis Febri Ridwan, mengutip Gugeg.net, 13/7/17.  

Karena jasanya, Ki Mentotruno, yang kemudian berganti nama menjadi Ki Mentokuasa, diperbolehkan mengadakan upacara grebeg di Ngenep.

Upacara Grebeg Ngenep menjadi tradisi yang selalu dilaksanakan setiap Jumat Wage (sesudah bulan Mulud). Upacara ini di samping upacara syukuran pertanian juga untuk mengenang  Ki Mentokuasa yang dipercaya  berhasil menjadi pemuka yang mengayomi warga desa.

Febri Ridwan

Sumber: laman https://gudeg.net/direktori/325/grebeg-ngenep.html

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE